Astaga! Cuaca Ekstrem Melanda pada Selasa 31 Mei 2022, BMKG Beri Peringatan dan Minta Masyarakat di Wilayah Ini untuk Berlindung di Tempat Aman, Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 30 Mei 2022 | 18:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 31 Mei 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Selasa 31 Mei 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG. BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada 21 wilayah di Indonesia.

Dengan rincian, BMKG memprediksi 14 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang. Sementara 7 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Hal ini karena terdeteksi terdapat bibit Siklon Tropis 92S terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 20 kt dan tekanan udara minimum 1005,8 mb.

Sistem ini membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Bengkulu hingga Lampung dan dari Banten hingga Jawa Barat serta membentuk daerah konfluensi di perairan barat Bengkulu hingga selatan Jawa Barat.

Sistem ini juga menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Samudra Hindia selatan Jawa Barat-Jawa Tengah.

Pergerakan siste ini ke arah tenggara dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah.

Bibit Siklon Tropis 93W terpantau di Laut Filipina sebelah utara Papua Barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 15 knot dan tekanan udara minimum 1010.3 mb yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Samudra Pasifik timur Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis, di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi dan low level jet tersebut.

Baca Juga: Selamatkan Nyawa Kalian! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Senin 30 Mei 2022, Mana Saja?

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem.

Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG sebisa mungkin memberikan pengumuman mengenai cuaca ekstrem di Indonesia agar Moms bisa bersiap-siap menghadapinya.