Boleh Saja Makan Porsi Besar di Siang Hari! Ini Dia 6 Tips Menjaga Bentuk Tubuh Tetap Ideal Selama Kehamilan

By Kintan Nabila, Jumat, 3 Juni 2022 | 11:45 WIB
Menjaga bentuk tubuh tetap ideal selama hamil (Dok.Nakita)

Nakita.id - Moms, bertambah berat badan selama kehamilan adalah hal yang normal.Namun, kalau pertambahannya terlalu banyak tentu tidak baik. Apabila Moms ingin berat badan naik dengan normal selama hamil, coba terapkan gaya gaya hidup sehat ini. Melansir dari Bright Side, berikut sejumlah tips menjaga bentuk tubuh saat sedang hamil. 1. Berguling ke samping saat bangun tidur Saat perut semakin besar, akan sangat sulit untuk bangun dari tempat tidur atau duduk. Sebaiknya jangan bangun tidur atau duduk dengan cara biasa sebab dapat terjadi pemisahan otot perut. Meskipun pemisahan ini tidak berbahaya, hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan meninggalkan 'tonjolan' yang membuat perut tampak lebih besar. Untuk menghindarinya, cobalah berguling ke samping ketika bangun dari tempat tidur atau duduk.

Baca Juga: Daftar Vitamin Ibu Hamil dari Bidan yang Bisa Bumil Didapatkan Sejak Trimester Pertama Kehamilan

2. Minum air putih yang cukup Minum cukup air sangat penting saat sedang hamil. Tubuh yang terhidrasi dengan baik sangat penting selama kehamilan karena air membantu pembentukan plasenta. Selain itu air juga dapat menjaga berat badan tetap terkendali. 3. Jangan makan dengan porsi dua orang Moms, jangan pernah berpikir untuk makan dengan dua porsi saat sedang hamil. Banyak para Moms yang berpikir saat hamil kita harus makan untuk diri sendiri dan untuk bayi. Padahal kita hanya perlu menambah 300 kalori per hari di atas asupan normal mulai dari trimester kedua kehamilan. Dengan begitu berat badan tidak akan melonjak terlalu tinggi saat hamil. Baca Juga: Demam saat Hamil yang Perlu Diwaspadai, Segera Cek ke Dokter Bila Alami Kondisi Seperti Ini

4. Makan porsi besar di siang hari Sebaiknya kita mengkonsumsi makan siang yang sehat dan bergizi dalam porsi besar supaya di malam hari tidak lapar. Malam hari sebaiknya konsumsi makanan yang ringan saja supaya kita dapat mengelola penambahan berat badan saat hamil. 5. Luangkan waktu untuk olahraga Olahraga ringan dan teratur akan membantu meningkatkan mood dan menjaga berat badan tetap terkendali. Moms dapat menikmati jalan kaki dan olahraga ringan lainnya. 6. Hindari minuman manis Meskipun normal sesekali mengidam saat hamil, namun sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dan makanan cepat saji. Minuman manis seperti soda sangat rendah nutrisi dan tinggi kalori, kalau diminum terlalu sering bisa menyebabkan berat badan berlebih.

Baca Juga: Tak Melulu Minum Obat, Berikut Pengobatan Rumahan Menurunkan Demam saat Hamil yang Bisa Dicoba