Boleh-boleh Saja Mengajak Anak Berenang Sejak Dini, Asal Lakukan Langkah Perlindungan Ini Agar Terhindar dari Penyakit Menular di Kolam Renang

By Syifa Amalia, Jumat, 3 Juni 2022 | 19:55 WIB
Perlindungan pada anak saat berenang agar terhindari dari penyakit air. (Nakita.id/David Togatorop)

Nakita.id –  Saat hari libur tiba, Moms tentu memiliki rencana untuk menghabiskan waktu bersama Si Kecil untuk pergi tempat bermain.

Salah satu pilihan yang terlintas mungkin mengajaknya berenang.

Berenang terdengar ide yang menarik apalagi bagi anak yang suka bermain dengan air. Apalagi mengajarkan berenang sejak dini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi anak.

Namun banyak juga yang masih ragu kapan sebaiknya anak mulai diajarkan berenang?

Pada dasarnya Moms bisa mulai mengenalkan berenang pada bayi namun untuk alasan keselamatan American Academy of Pediatrics merekomendasikan saat anak berusia 1 dan 4 tahun.

Selain menjadi kegiatan bersama yang menyenangkan, berenang juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan anak.

Dengan rutin berenang ini akan meningkatkan kesehatan kardiovaskular, melatih kekuatan hingga membentuk postur tubuh yang bagus.

Kendati demikian, saat mengajarkan anak berenang Moms perlu menerapkan perhatian khusus dan tidak boleh lengah sedikit pun.

Selain memperhatikan prosedur keselamatan dan keamanan, perlu tahu juga cara melindungi anak dari risiko kesehatan saat berenang seperti yang dilansir dari Very Well Family.

Baca Juga: Manfaat Berenang untuk Bayi, Jika Dilakukan Secara Rutin dan Teratur Ahli Bilang Perkembangan Motorik Hingga Kualitas Tidur Si Kecil Bisa Meningkat

Kolam renang biasanya mengandung klorin yang mungkin sensitif untuk kulit anak atau bakteri lain yang ada di dalam air.

Penyakit air bisa menyebar ketika anak bersentuhan dengan air yang terkontaminasi di kolam renang, danau, kolam air panas, taman air dan pantai.