Mau Tahu, Menu Sarapan 300 Kalori?

By Syarifah Aulia, Kamis, 21 April 2016 | 03:20 WIB
Mau Tahu, Menu Sarapan 300 Kalori? (Syarifah Aulia)

Tabloid-Nakita.com - Menu sarapan orang Indonesia selama ini sebenarnya masuk dalam kategori kurang sehat. Nasi goreng, nasi uduk, lontong sayur, atau bubur ayam, memiliki kandungan karbohidrat yang justru membahayakan tubuh.

Untunglah, kini masyarakat Indonesia perlahan-lahan beralih ke menu-menu sarapan sehat seperti telur, roti gandum, susu, buah dan sayur. Kebiasaan ini juga perlu diterapkan pada anak-anak, agar dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak sepanjang hari. Pasalnya anak-anak yang berusia di atas satu tahun memerlukan kebutuhan gizi dan nutrisi sarapan sama dengan orang dewasa, hanya saja porsinya yang berbeda.

Menurut ahli gizi dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK, terdapat beberapa pilihan menu sarapan sehat dan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan 300 kalori saat sarapan, misalnya:

1. Dua butir putih telur dan madu

2. Roti gandum dengan peanut butter murni dan segelas susu

3. Sereal gandum dan yogurt

4. Granola, potongan blueberry, strawberry, dan yogurt

5. Roti gandum dan jus semangka

6. Dua keping cookies gandum dan segelas susu

7. Dua potong buah (pisang atau alpukat) dan yogurt rendah lemak

8. Roti isi lettuce, ketimun, tomat, dan telur

Sesibuk apapun aktivitas di pagi hari, sempatkan untuk duduk sejenak menikmati sarapan. Hindari kebiasaan bermalas-malasan di tempat tidur sambil memainkan gadget. Kebiasaan ini hanya akan membuang waktu sehingga waktu sarapan menjadi terburu-buru, bahkan tidak sempat.