Benarkah Ada Khasiat dalam Air Liur Ibu untuk Bekas ASI di Wajah Bayi? Hanya Sekadar Mitos, Begini Penjelasannya dari Dokter

By Amallia Putri, Sabtu, 4 Juni 2022 | 18:17 WIB
Air liur ibu punya khasiat untuk bekas ASI pada anak, apa benar? (Dok. Tabloid Nakita)

Nakita.id - Apa benar ada khasiat pada air liur ibu untuk bekas ASI di wajah bayi? Yuk, ketahui faktanya.

Sampai saat ini, banyak dari Moms yang mempertanyakan apakah air liur ibu betul-betul memiliki manfaat untuk mengatasi bekas ASI.

Ya, bekas ASI yang terjadi pada bayi seringkali mengkhawatirkan bagi orangtua, khususnya para orangtua baru.

Apalagi jika bekas ASI tersebut membuat wajah anak mengalami bercak warna putih dan seringkali diikuti dengan gejala kulit kering.

Banyak dari Moms yang mengatakan bahwa air liur ibu bermanfaat untuk bekas ASI pada anak, tapi banyak juga yang meragukan pendapat tersebut.

Sebenarnya hal ini benar-benar fakta atau hanya mitos saja, Moms? 

Tim Nakita.id mewawancarai dr. Elysa Septyasri dari Puskesmas Kotagede 2, Yogyakarta.

Menurut dr. Elysa, walaupun memang air liur memiliki beberapa manfaat untuk kulit, tapi memberikan air liur pada bekas ASI tidak dianjurkan. Mengapa?

"Ya, memang air liur itu mampu melawan kuman, seperti bakteri dan jamur. Tapi, memberikan air liur ini tidak dianjurkan karena kebersihan mulut dari ibu bisa memengaruhi," jelas dr. Elysa.

Baca Juga: Anak Sering Gatal-gatal dan Ruam Setelah Menyentuh Benda-benda di Rumah? Waspadai Gejala Alergi Kulit dan Cara Menanganinya

Saat diwawancarai via daring pada Sabtu, 4 Juni 2022, dr. Elysa mengatakan, jika kebersihan mulut ibu kurang baik, bisa jadi kondisi ruam ASI pada bayi semakin memburuk.

"Misalnya, ibunya mengalami gigi berlubang, bisa jadi bekas ASI pada kulit anak itu malah jadi semakin parah," lanjut dokter yang aktif di poli anak, Puskesmas Kotagede 2 Yogyakarta ini.