Selain Dehidrasi, Kondisi Tubuh yang Seperti Ini Bisa Jadi Penyebab Mengapa Ingin Selalu Makan Makanan Asin, Jangan Lagi Anggap Remeh

By Syifa Amalia, Senin, 6 Juni 2022 | 12:00 WIB
Penyebab mengapa selalu ingin makan makanan asin. (Nakita.id/Syifa)

Nakita.id – Pada sekali waktu, Moms pasti pernah mendamba untuk makan makanan tertentu.

Sebut saja keripik kentang, kacang panggang, popcorn, atau beragam makanan asin lainnya.

Setelah memakan semua makan itu, mungkin akan menimbulkan rasa kepuasan tertentu dalam diri karena berhasil menuruti ‘ngidam’ tersebut.

Namun tahukah Moms dibalik itu ternyata selalu ingin makan makanan asin merupakan sebuah tanda yang berusaha tubuh katakan.

Mengidam garam atau makanan asin muncul karena beberapa alasan, mulai dari dehidrasi hingga stres.

Apa saja ya Moms kira-kira?

Melansir dari Very Well Fit, berikut ini adalah beberapa penyebab yang menjelaskan mengapa ingin selalu makan makanan asin.

1. Dehidrasi

Mengidam makanan asin mungkin Moms berarti perlu minum lebih banyak air.

Baca Juga: Ciri-ciri Hamil Ngidam Makanan Asin, Awas Efek Samping Ibu Hamil Terlalu Banyak Konsumsi Garam Ternyata Tak Main-main

Kekurangan natrium memicu sistem hormonal yang menimbulkan keinginan untuk makanan asin dan tubuh akan merasa sangat dihargai ketika mengonsumsi makanan tersebut.

Untuk mengatasi hal ini terjadi, Moms harus selalu tetap menghidrasi tubuh. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa total asupan air dari semua makanan dan cairan adalah 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita.