Wajib Tahu, Begini Cara Mengatasi Bruntusan pada Anak, Supaya Moms Tidak Bingung

By Kirana Riyantika, Kamis, 9 Juni 2022 | 19:02 WIB
Begini cara mengatasi bruntusan pada anak (Nakita/Naura)

Nakita.id - Para Moms perlu tahu mengenai cara mengatasi bruntusan pada anak.

Moms yang memiliki bayi atau balita tentu bingung terutama bagi yang pertama kali menghadapi kulit anak yang alami bruntusan.

Moms dan Dads perlu tahu cara mengatasi bruntusan pada anak secara tepat.

Tim Nakita telah mewawancarai dr. Irmadita Citrashanty, SpKK, FINSDV selaku Staf Pengajar di FK UNAIR/RSUD Dr. Soetomo Surabaya sekaligus Dokter SpKK di Surabaya Skin Centre.

Dokter Dita menjelaskan bila penanganan bruntusan anak bisa berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya.

"Cara mengatasi bruntusan pada anak tergantung penyebab dari bruntusannya. Bila disebabkan hormonal ibu, maka akan membaik bila anaknya sudah agak besar sehingga sudah tidak mendapat pengaruh dari hormon ibu.

Biasanya dermatitis seboroik akan membaik, namun bila dermatitis seboroik ini bruntusannya cukup tebal di area kepala, biasanya kami dokter SpKK menyarankan untuk menipiskannya menggunakan minyak kelapa di area kepala kemudian diberi sampo khusus bayi supaya semakin menipis," terang dokter Dita SpKK.

Dokter Dita kemudian menyarankan untuk membawa anak yang alami dermatitis seboroik para ke dokter spesialis kulit.

"Untuk bruntusan yang ada pada wajah atau belakang telinga bila cukup parah, bewarna merah, menimbulkan gatal, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter SpKK karena biasanya kami akan meresepkan salep anti-inflamasi atau anti-radang," papar dr. Dita.

Baca Juga: Penyebab Kulit Anak Bruntusan Ternyata Ada Beberapa Jenis, Begini Penjelasan dari Ahlinya

Cara mengatasi bruntusan pada anak dikarenakan jerawat atau miliaria bisa diberi salep sesuai dengan resep dokter.

"Sedangkan acne neonatal sebenarnya juga pada periode tertentu selama kurang lebih 6 minggu bisa membaik sendiri. Namun, bisa juga diberikan salep yang kami resepkan itu ada kandungan antibakteria.