Manfaat Putarkan Lagu Pengantar Tidur Bayi Untuk Tumbuh Kembang Sang Buah Hati

By Shinta Dwi Ayu, Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:46 WIB
Lagu pengantar tidur bayi. (Nakita.id/Ruby)

Nakita.id - Bukan hanya bikin nyenyak, ternyata ini manfaat putarkan lagu pengantar tidur bayi untuk tumbuh kembang anak. Tumbuh kembang anak merupakan suatu hal penting yang harus diperhatikan para orangtua. Salah satu cara untuk membuat tumbuh kembang anak berjalan optimal adalah dengan memberikannya makanan bergizi, ataupun ASI yang cukup. Selain itu, Moms dan Dads juga harus memberikan stimulus supaya merangsang pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu, supaya tumbuh kembangnya terus terjaga baik Moms juga harus memastikan bahwa anak memiliki waktu istirahat yang cukup. Dengan tidur yang berkualitas seorang anak pun tidak akan mudah sakit dan fisiknya lebih kuat. Jika fisiknya kuat maka tumbuh kembangnya pun juga akan pesat. Tapi untuk membuat anak memiliki kualitas tidur yang baik tak semudah yang dibayangkan. Terutama jika masih bayi, anak justru mudah sekali menangis di malam hari.

Baca Juga: Tak Hanya Makanan, Pola Tidur Ternyata Bisa Mempengaruhi Lonjakan Berat Badan

Biasanya, ketika menangis kebanyakan Moms akan menggendongnya. Ada juga yang menggendong sambil menyanyikan bayinya lagu pengantar tidur. Lagu pengantar tidur yang paling populer di Indonesia adalah 'Nina Bobo'. Selain itu, lagu pengantar tidur juga bisa Moms setel melalui DVD ataupun handphone. Melansir dari Science ABC, berdasarkan penelitian menunjunkan bahwa ada jalur tertentu di otak yang digunakan hanya untuk persepsi musik. Faktanya, bayi sangat mengenal musik jauh sebelum mereka lahir. Pada trimester ketiga, janin mengembangkan telinga dan memungkinkannya mendengar suara di dalam rahim. Bahkan segala sesuatu yang didengarkan oleh Moms juga terdeteksi oleh bayi. Selama ibunya tetap bernyanyi dan bayinya terus memperhatikan, korteks auditori di otak bayi tetap terstimulasi.

Baca Juga: Kalau Mau Bayi Tidur Nyenyak, Psikolog Imbau Kebutuhan Si Kecil yang Seperti Ini Harus Terpenuhi, Apa Saja?

  Bukan hanya bikin nyenyak, menyanyikan lagu pengantar tidur bisa membuat bayi lebih cepat mempelajari bahasa. Suara musik yang menyenangkan bisa bantu mengatasi kecemasan yang dirasakan bayi. Sehingga kualitas tidurnya bisa lebih baik dan terus terjaga. Setiap negara tentu saja memiliki lagu pengantar tidur dengan bahasanya masing-masing. Para peneliti di Harvard's Music Lab menemukan bahwa lagu pengantar tidur dalam bahasa apa pun dapat menenangkan bayi. Bukan hanya bisa bikin kualitas tidur bayi lebih baik saja. Tapi lagu pengantar tidur juga bisa menenangkan bayi yang menangis tersedu-sedu. Jadi jangan lupa ya Moms untuk rutin menyanyikan atau menyetel lagu pengantar tidur untuk bayi. Supaya bayi bisa beristirahat dengan optimal dan tumbuh kembangnya tetap terjaga. Baca Juga: Ayah Berperan Sama Menjaga Si Kecil Meski Harus Begadang, Begini Tips Agar Anak Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari