Kenali Yuk Apa Saja Tanda-tanda Bayi Sudah Mendapatkan Cukup ASI, Dapat Dilihat dari Lama Sesi Menyusu Hingga Jumlah Popok yang Diganti

By Syifa Amalia, Selasa, 28 Juni 2022 | 13:56 WIB
Simak ini dia tanda-tanda bayi sudah cukup minum ASI. (Nakita.id/NAura)

Nakita.id – Mengingat betapa pentingnya susu untuk pertumbuhan bayi, Moms perlu memastikan mereka memperoleh asupan yang cukup.

Saat mereka masih bayi, sumber nutrisi utama berasal dari ASI eksklusif yang diberikan selama enam bulan pertama.

Tidak hanya bertujuan untuk memberi mereka asupan gizi tetapi juga berperan besar dalam pertumbuhan fisik dan perkembangan kekebalan yang tepat.

ASI mengandung antibodi yang membantu melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan faktor probiotik yang mengurangi risiko alergi, obesitas, atau asma.

Dengan demikian bila bayi tidak mendapatkan cukup ASI, mereka mungkin memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih lambat, sistem kekebalan yang lemah, dan rentan terhadap berbagai penyakit.

Nah, inilah yang kemudian jadi kekhawatiran para Moms apakah Si Kecil sudah mendapatkan jumlah ASI yang dibutuhkan.

Menghitung berapa jumlah botol yang dihabiskan mungkin tidak mungkin dilakukan jika mereka langsung menyusu dari payudara.

Kendati demikian, ada cara lain untuk mengetahui bahwa bayi sudah mendapatkan ASI yang seharusnya mereka peroleh.

Moms mungkin tidak dapat melihat berapa banyak susu yang masuk ke perut bayi, tetapi tanda-tanda berikut akan membantu memastikan bahwa mereka menyusu dengan baik seperti yang dilansir dari Health Patners.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Kekurangan Gizi Padahal Sudah Diberikan ASI dan MPASI

1. Bayi menyusu secara teratur

Pemberian makan yang sering dan efektif membantu bayi tumbuh dengan baik. Selama dua bulan pertama, bayi akan menyusu 10 hingga 12 kali dalam periode 24 jam.