Beli Pertalite dan Solar Lewat Aplikasi MyPertamina Berlaku Mulai Hari Ini, Cek Jenis Kendaraan dan Daerah yang Sudah Menerapkannya

By Kintan Nabila, Jumat, 1 Juli 2022 | 16:08 WIB
Pembelian BBM subsidi MyPertamina berlaku hari ini, cek jenis kendaraan dan daftar daerahnya (Dok. Nakita)

Nakita.id - Pembelian BBM subsidi dengan aplikasi MyPertamina berlaku mulai hari ini.

Terhitung mulai Jumat (1/7/2022), PT Pertamina (Persero) Tbk akan melaksanakan uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar dengan aplikasi MyPertamina.

Uji coba pembelian pertalite menggunakan MyPertamina ini bertujuan untuk membatasi konsumsi BBM subsidi yang dinilai masih kurang tepat sasaran.

Melansir dari Kompas, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengatakan bahwa selama ini Pertalite dan Solar subsidi masih dikonsumsi oleh kalangan yang semestinya tidak berhak menggunakan BBM bersubsidi.

"Dalam menyalurkan BBM subsidi ada aturannya, baik dari sisi kuota atau jumlah maupun dari sisi segmentasi penggunanya," katanya dikutip dari situs Pertamina.

"Saat ini, segmen pengguna Solar subsidi ini sudah diatur, sedangkan Pertalite segmentasi penggunanya masih terlalu luas," sambungnya.

Meski begitu, pelaksanaan uji coba pembelian BBM subsidi hanya diterapkan bagi jenis kendaraan di sejumlah wilayah tertentu.

Dalam proses uji coba ini, Pertamina akan melayani pembelian pertalite dan solar bagi kendaraan yang sudah terdaftar dalam sistem MyPertamina. 

Berikut jenis kendaraan yang sudah bisa menggunakan aplikasi MyPertamina.

Baca Juga: Siap-siap Mulai Tanggal 1 Juli! Membeli Pertalite dan Solar Cuma Bisa Pakai Aplikasi MyPertamina, Ketahui Cara Daftarnya Supaya Tak Bingung Lagi Saat di Pom Bensin

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan bahwa, pendaftaran MyPertamina untuk pembelian BBM subsidi mulai 1 Juli 2022 baru berlaku bagi kendaraan roda 4 ke atas.

Hal ini artinya, kendaraan sepeda motor masih bisa membeli pertalite seperti biasa, yakni tanpa aplikasi MyPertamina.