Sulit Dideteksi Oleh Dokter Sekalipun, Moms Harus Waspada Jika Sudah Mulai Merasakan Gejala Sederet Penyakit Ini, Salah Satunya Nyeri di Leher

By Kirana Riyantika, Sabtu, 2 Juli 2022 | 14:36 WIB
Dokter sulit mendeteksi sederet penyakit ini, salah satunya patologi vaskular di leher (Nakita/Kirana)

Nakita.id - Ketika mengalami sakit yang tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan rumahan, penting untuk memeriksakan diri ke dokter.

Dokter akan memeriksa dan memberikan diagnosis terhadap kondisi pasiennya.

Tahukah Moms bila ada sederet penyakit yang sulit didiagnosis oleh dokter.

Diagnosis dan deteksi yang terlambat akan berisiko menyebabkan penyakit yang lebih serius, oleh karena itu kenali penyakit apa saja yang sulit untuk dideteksi oleh dokter.

Berikut ini daftar penyakit yang sulit terdeteksi oleh dokter:

1. Emboli paru/Pulmonary embolus - penyakit ini seringkali salah dideteksi dan didiagnosis menjadi penyakit infark miokard atau pneumonia.

2. Fasciitis nekrotikans - merupakan infeksi langka pada kulit dan jaringan subkutan, hingga menyebar sepanjang bidang fascia (bagian dari connective tissue/selaput otot).

Penyakit ini juga terjadi secara tiba-tiba, diawali dengan munculnya selulitas dan perlu segera diobati dengan operasi dan pemberian antibiotik, petunjuk utama berupa rasa nyeri yang tidak sebanding dengan riwayat pemeriksaan.

3. Patologi vaskular di leher - gangguan aliran darah di leher dapat menyebabkan cedera neurologis yang membahayakan, jenis dari gangguan antara lain pembekuan, emboli, trauma, dan diseksi.

 Baca Juga: Innalillahi Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Menpan-RB Ternyata Alami Sakit Ini dan Sempat Dirawat di RS Abdi Waluyo

Tanda yang muncul pun beragam, bisa biasa saja, menyakitkan, atau menunjukkan gejala neurologis yang tidak jelas.

4. Kompromi sumsum tulang belakang - abses dan pendarahan epidural, iskemia sumsum tulang belakang, dan diskitis.