Konsultasi Masalah Gigi dan Mulut jadi Lebih Mudah! Manfaatkan Layanan Teledentistry Gratis dengan Dokter Gigi Profesional, Begini Caranya

By Kintan Nabila, Minggu, 3 Juli 2022 | 19:45 WIB
Jangan tunggu sampai sakit gigi, ini pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini (Nakita/Naura)

Nakita.id - Penting sekali menjaga kesehatan gigi sejak dini dengan cara paling sederhana, yakni menyikat gigi.

Jarang merawat gigi dan periksa dokter gigi bisa mengundang sejumlah penyakit gigi dan mulut yang berbahaya.

Sayangnya, banyak dari kita yang menunggu sakit gigi dulu baru mau periksa ke dokter gigi.

Melalui acara “Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas” yang digelar oleh Unilever Indonesia (Pepsodent) bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dijelaskan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia mengatakan bahwa, kami bersama PDGI terus menggaungkan kampanye ‘Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi, Konsultasi Gigi Sekarang’.

Kampanye tersebut menekankan pentingnya merawat gigi dan mulut dengan tepat serta rutin berkonsultasi ke dokter gigi.

“Kesehatan gigi dan mulut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara menyeluruh dan kualitas hidup hingga lanjut usia," katanya dalam acara Bincang Tokoh Inspiratif bersama Pepsodent dan PDGI, di Atrium Senayan Park, Sabtu (2/7/2021).

"Namun faktanya, perilaku merawat kesehatan gigi dan mulut yang kurang baik menyebabkan rata-rata di usia 65 tahun masyarakat Indonesia sudah kehilangan 11 giginya," lanjutnya.

Dijelaskan juga bahwa, kesehatan gigi dan mulut tidak boleh disepelekan karena berkaitan dengan penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga: Mulai Sekarang Kurangi Minuman Bersoda dan Makan Pakai Kecap, Ternyata Ini Biang Kerok yang Bikin Gigi jadi Kuning

drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) memaparkan penyakit apa saja yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut.

“Kondisi kesehatan mulut berhubungan dengan kejadian sejumlah penyakit sistemik seperti jantung, ginjal, stroke dan diabetes," katanya.