Seluruh Indonesia Harus Waspada! BMKG Mendadak Beri Peringatan Pada Selasa 5 Juli 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, dari Aceh sampai Papua Barat Diguyur Hujan Lebat dengan Petir hingga Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 5 Juli 2022 | 10:45 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 5 Juli 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) membuat pengumuman soal prediksi cuaca ekstrem pada Selasa 5 Juli 2022.

Agar bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada 28 wilayah di seluruh Indonesia.

Ini semua karena adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Sumatera, Perairan Barat Kalimantan Barat, Samudra PasifikTimur Filipina.

Adanya Sirkulasi Siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Bengkulu, Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Aceh, Sulawesi Tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Bengkulu

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan Pada Senin 4 Juli 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Mulai Aceh hingga Nusa Tenggara Timur Diguyur Hujan Lebat sampai Angin Kencang

- Jambi

- Sumatera Selatan