Astaga! Cuaca Ekstrem Terjadi Lagi Pada Senin 18 Juli 2022, BMKG Minta Sederet Wilayah Ini Waspada Hadapi Hujan Lebat hingga Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 17 Juli 2022 | 19:11 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Senin 18 Juli 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Senin 18 Juni 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

 

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG. Seperti diketahui, sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem.

Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG sebisa mungkin memberikan pengumuman mengenai cuaca ekstrem di Indonesia agar Moms bisa bersiap-siap menghadapinya.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

Maka tak heran kalau BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads lebih aman menghadapi cuaca saat ini.

Mengutip dari laman resmi, sejumlah kabupaten/kota di 19 provinsi berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem yang dimaksud meliputi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Hal ini karena adanya sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Sumatra, di Kalimantan, dan Samudra Pasifik utara Papua.

Baca Juga: BMKG Hari Ini Prediksi Hujan Lebat Disertai Angin di Sejumlah Wilayah, Begini Cara Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Buruk

Adanya Sirkulasi Siklonik tersebut membentuk daerah konvergensi di Samudra Hindia barat Banten, di Kalimantan bagian utara, dari Papua Nugini hingga Papua bagian tengah, dari Papua hingga Samudra Pasifik utara Papua, Samudra Pasifik utara Papua Barat-Papua, dan di Maluku.

Sementara daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Laut Andaman, di Aceh, dari Vietnam hingga Laut China Selatan, di Laut China Selatan, di Laut Jawa, di pesisir utara Jawa Timur - Jawa Tengah.

Juga memanjang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, di Sulawesi bagian tengah, dan dari Laut Maluku hingga Laut Sulawesi.