Meningkatkan Kemampuan Literasi Si Kecil dengan Cara Sederhana, Para Orangtua Wajib Menerapkannya Sejak Anak Belum Genap 1 Tahun

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 19 Juli 2022 | 17:30 WIB
Meningkatkan literasi Si Kecil bisa dengan (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Menumbuhkan rasa cinta pada literasi anak sangat penting karena membaca adalah salah satu hal yang bisa menambah ilmu.

Jadi, semua orangtua disarankan untuk meningkatkan literasi anak dengan mengenalkan buku sejak dini, bahkan saat masih bayi.

Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di sini.

Ciri-ciri anak suka baca buku

Sebelum mengetahui cara orangtua meningkatkan literasi anak, Moms dan Dads harus tahu dulu apakah anak kalian suka baca buku dengan ciri-ciri mengutip dari Huffington Post:

1. Anak senang membaca bersama Moms

Banyak orangtua berharap dapat membaca untuk anak-anak mereka, dan memang seharusnya demikian. Membaca salah satu hal paling berpengaruh yang dapat dilakukan bersama orangtua dan anak.

Jika Moms mendapati Si Kecil sulit tidur dan merengek, namun senang ketika disodorkan buku bergambar anak-anak, ini bisa menjadi tanda ia gemar dengan buku.

Membaca dengan keras dapat terasa aneh jika tak terbiasa, untuk menikmatinya, Moms bisa memilih tempat favorit bersama Si Kecil.

Baca Juga: Gramedia dan Rekata Podcast Berkolaborasi Menghadirkan Program SINOPSIS untuk Pecinta Karya Literasi se-Indonesia

2. Si Kecil menggunakan buku untuk belajar

Penelitian dari Cornell University menunjukkan kekuatan luar biasa dari objek yang dilihat di buku tersebut, untuk membantu bayi mempelajari kata-kata baru.