Tips Parenting Ala Zaskia Adya Mecca yang Tak Ingin Jadi Orangtua Otoriter, Ajarkan Sang Anak Berani Buat Keputusannya Sendiri

By Syifa Amalia, Minggu, 24 Juli 2022 | 06:00 WIB
Begini cara Zaskia Adya Mecca mengajarkan anak supaya lebih mandiri dengan membuat keputusannya sendiri (Instagram.com/@zaskiadyamecca)

Nakita.idZaskia Adya Mecca rupanya memiliki caranya tersendiri untuk membuat anak-anaknya belajar mandiri.

Istri sutradara Hanung Bramantyo ini mengungkapkan bahwa, salah satu cara yang ia lakukan adalah mengajarkan anak untuk mengambil keputusannya sendiri.

Dalam unggahan di Instagram (22/7/2022), Zaskia membagikan bagaimana caranya mendidik anaknya akan nilai hidup tersebut.

Hal ini mulai ia terapkan pada putri sulungnya, Kana Sybilla Bramantyo yang kini sudah duduk di bangku sekolah menengah pertama atau SMP.

Si kakak yang baru masuk SMP dan banyak gelisah mau a-b-c. Udah mulai dihadapkan dengan pilihan2, jadi belajar ambil keputusan sendiri dan harus siap dengan segala resikonya,” tulis Zaskia.

Zaskia memberi pengertian bahwa setiap pilihan yang akan sang anak ambil akan memiliki konsekuensinya masing-masing.

Untuk itu sebagai orangtua, Zaskia hanya mencoba menjelaskan pada Sybil bahwa jika mengambil keputusan A maka akan berakibat seperti ini.

Sebaliknya jika anaknya memilih B, hal yang akan terjadi kemungkingan seperti apa.

Namun, sering kali sang anak dilanda kepanikan sehingga berujung menyerahkan Zaskia untuk menentukan keputusan.

Baca Juga: Jadi Panutan Banyak Keluarga, Tips Parenting Ala Nana Mirdad dan Andrew White yang Kompak Tidak Pernah Bertengkar di Depan Anak

Aku cuma kasi pemikiran kalau a bakal gimana, b kemungkinannya seperti apa, juga c berpotensi apa. Si anak panikan, berujung dia bilang “please Bia aja yang nentuin..aku ikut Biaa”, Zaskia menambahkan.

Tapi, untuk memberikan nilai yang ia tanamkan, Zaskia tetap membuat anak untuk memilih sendiri.