Sambut Hari Anak Nasional 2022, OLALA Luncurkan Kampanye Sebagai Upaya Mengenalkan Permainan Tradisional pada Anak Sekolah Dasar di Indonesia

By Shannon Leonette, Minggu, 24 Juli 2022 | 11:54 WIB
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, produk minuman jeli OLALA luncurkan kampanye 'Anak Indonesia Anak Gembira'. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Sabtu kemarin (23/7/2022), Indonesia merayakan momen Hari Anak Nasional.

Melalui momen Hari Anak Nasional ini, pemerintah Indonesia tentu berharap bisa mewujudkan serta memenuhi hak anak-anak Indonesia, termasuk tumbuh, berkembang, sehat, dan terlindungi.

Sebagai upaya mendukung momen Hari Anak Nasional tahun 2022 ini, salah satu produk minuman jeli keluaran Wings Food, OLALA meluncurkan kampanye ‘Anak Indonesia Anak Gembira’.

Kampanye ‘Anak Indonesia Anak Gembira’ ini ada untuk mendukung anak Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang dengan gembira, dimana salah satunya dengan menikmati banyak waktu untuk bermain.

Kampanye ini turut didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KEMENPPPA RI).

“Saat ini, pemerintah juga sedang mengampanyekan permainan khas Indonesia, karena memiliki banyak kearifan lokal yang bisa membantu tumbuh kembang anak, seperti inisiatif yang Wings Food luncurkan di momen Hari Anak Nasional kali ini,” ucap Indra Gunawan, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat KEMENPPPA RI dalam sambutannya di acara Konferensi Pers OLALA ‘Anak Indonesia, Anak Gembira’ pada Sabtu (23/7/2022).

“Kami senang sekali karena Wings Food turut mengkampanyekan permainan khas Indonesia yang bergembira dan berekspresi, serta mau mengambil peran untuk mendukung anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara baik,” lanjut Indra.

Sementara itu, Saskhya Aulia Prima, M.Psi, psikolog dari Tiga Generasi juga menyampaikan bahwa bermain bukanlah aktivitas yang mewah untuk anak, tetapi merupakan sebuah kebutuhan dan keharusan.

Menurut Saskhya, bermain dapat melatih berbagai aspek perkembangan anak, mulai dari kecerdasan, motorik kasar dan halus, emosi, serta kemampuan bersosialisasi.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 23 Juli 2022, Stunting yang Dialami Anak-anak Indonesia Masih Jadi Keprihatinan

“Bermain juga membantu mengembangkan beberapa karakter positif yang berkembang lewat bermain, yaitu tekun, mandiri, disiplin, empati, dan kreatif,” ungkap Saskhya.

Tak hanya itu, Saskhya juga mendorong para orangtua untuk mengenalkan permainan tradisional pada anak, karena memberi banyak dampak positif dibandingkan bermain gadget saja.

“Melalui permainan tradisional, anak dapat berinteraksi langsung dengan teman, sehingga selain melatih keterampilan berpikir strategi dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi dan kerjasama anak akan lebih terasah,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Devi Chrisnatalia, Brand Manager Ready to Drink (RTD) Wings Group Indonesia.

“Di tengah kemajuan teknologi, permainan masa kecil bukan jadi hal yang familiar untuk anak-anak saat ini. Padahal, bermain permainan lokal khas Indonesia ini memberi banyak manfaat, dimana mereka akan bergerak, bekerjasama, hingga belajar membangun strategi,” ungkap Devi.

“Oleh karena itu, pada kampanye ‘Anak Indonesia Anak Gembira’ ini, OLALA ingin mendukung orangtua agar dapat memperkenalkan permainan lokal khas Indonesia untuk anak mereka, supaya generasi penerus bangsa ini bisa bermain sekaligus menikmati pertumbuhannya dengan bahagia,” harapnya.

Pada kampanye ini, OLALA akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk anak SD di 10 daerah di Jabodetabek dan Jawa Barat.

Formatnya dikemas dalam bentuk school-to-school, dimana OLALA akan mengunjungi kesepuluh sekolah-sekolah ini untuk memperkenalkan permainan khas Indonesia.

Juga, untuk mengajak para murid bermain dan bergembira melalui permainan-permainan yang akan diperkenalkan.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 23 Juli, Bagaimana Sejarahnya? Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Melewati Berbagai Pengubahan, Lo

Di kesempatan yang sama pula, OLALA meluncurkan Olala Jelly Drink rasa jeruk untuk melengkapi kedua varian yang sudah ada sebelumnya, yaitu rasa anggur dan rasa jambu.

Jeruk sendiri dipilih karena rasanya yang manis dan segar.

Rasa jeruk juga merupakan rasa favorit bagi anak-anak.

Di masa Hari Anak Nasional juga peluncuran kampanye 'Anak Indonesia Anak Gembira', OLALA meluncurkan minuman jeli dengan varian rasa terbaru, yaitu rasa jeruk.

Devi berharap, varian rasa OLALA yang beragam ini bisa menjadi alternatif minuman anak-anak ketika aktif bermain.

Devi mengatakan, minuman berjeli ini menggunakan konjac yang mengandung serat baik, serta dikemas higienis, praktis, dan ekonomis.

Saat ini, semua varian OLALA bisa didapatkan di warung dan toko terdekat, di seluruh daerah Indonesia.

Sebagai informasi, kampanye ‘Anak Indonesia Anak Gembira’ akan diselenggarakan secara bertahap.

Dimulai pada Agustus hingga Desember 2022 dengan tujuan untuk menjangkau ribuan anak Indonesia.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 23 Juli 2022, Ini Tema dan Subtema yang Diangkat oleh KemenPPPA Tahun Ini