Ini Peran Kakek dan Nenek yang Bisa Moms Mintai Tolong Agar Bisa Berperan Sama Melakukan Perawatan Pasca Melahirkan menurut Psikolog

By Shannon Leonette, Rabu, 27 Juli 2022 | 14:15 WIB
Moms harus tahu apa saja peran kakek dan nenek agar bisa berperan sama melakukan perawatan pasca melahirkan (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Tahukah Moms, kakek dan nenek sebenarnya juga bisa diajak berperan sama melakukan perawatan pasca melahirkan, lo.

Sampai sekarang ini, ternyata cukup banyak Moms yang tak tahu betapa pentingnya kakek dan nenek berperan sama melakukan perawatan pasca melahirkan.

Untuk itu, jangan sampai Moms melewatkan apa saja peran kakek dan nenek dalam melakukan perawatan pasca melahirkan, ya.

Masa setelah melahirkan sendiri biasanya kita kenal dengan masa nifas, yaitu masa pemulihan yang berlangsung antara 6-8 minggu atau sekitar 40 hari.

Masa pemulihan setiap wanita sendiri bisa berbeda-beda, Moms.

Ada yang bisa kurang dari 40 hari, bahkan ada juga yang bisa lebih dari 40 hari.

Selama masa nifas berlangsung, penting bagi Moms untuk melakukan perawatan diri setelah melewati masa-masa perjuangan dimana seluruh tubuh termasuk organ-organ reproduksinya bekerja dengan sangat keras.

Akibatnya, selain mengalami kelelahan secara fisik, Moms juga tentu mengalami kelelahan secara mental, sehingga akan membutuhkan waktu untuk benar-benar pulih.

Tak hanya itu, Moms juga bisa melibatkan pihak di sekitar Moms untuk ikut membantu selama masa nifas berlangsung, seperti melibatkan pihak orangtua maupun mertua.

Baca Juga: Kenali 4 Gangguan Mental yang Sering Dialami Ibu Pasca Persalinan, Moms Wajib Tahu!

Lantas, apa saja peran kakek dan nenek dalam melakukan perawatan pasca melahirkan?

Menurut Seni Septiani Sanusi, S.Psi., Psikolog, psikolog di Pusat Konsultasi Psikologi Ramaniya, kebanyakan calon ibu akan lebih nyaman melahirkan anak pertamanya dengan didampingi oleh ibu kandungnya dibandingkan mertua.