Peluncuran 4 Seri Buku Cegah Stunting yang Bermanfaat untuk Para Ibu! Isinya Panduan Mengatur Menu Makanan Bergizi Anak Balita

By Kintan Nabila, Rabu, 27 Juli 2022 | 20:24 WIB
Peluncuran Buku Seri Cegah Stunting oleh Kemenko PMK, Universitas Gadjah Mada, dan Danone (Dok. Liputan)

Nakita.idStunting masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang menghalangi potensi optimal anak-anak sebagai generasi penerus Bangsa Indonesia.

Berbagai cara dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (PKGM, FK-KMK, UGM) yang didukung oleh Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia menggelar peluncuran buku “4 Seri Buku Cegah Stunting”.

Menurut World Health Organization (WHO), stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak karena kurangnya asupan gizi, terserang infeksi, maupun stimulasi psikososial yang tak memadai.

Salah satu cirinya adalah, tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar anak-anak seusianya.

Keempat buku tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman pada masyarakat dalam mendukung upaya penurunan stunting di Indonesia sedini mungkin.

drg. Agus Suprapto, M.Kes., Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengatakan bahwa penanganan stunting menjadi prioritas.

"Dalam upaya mengatasi masalah stunting bukan hanya tugas pemerintah, namun kolaborasi dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mewujudkan upaya percepatan penurunan stunting nasional," katanya dalam konferensi pers virtual peluncuran buku seri cegah stunting, Rabu (27/7/2022).

"Oleh karenanya, kami sangat menyambut baik kolaborasi yang telah dilakukan PKGM, FK-KMK, UGM bersama Danone SN Indonesia dalam menyusun Buku Seri Cegah Stunting agar dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang isu stunting," lanjutnya.

Baca Juga: Jadi Masalah Kesehatan Serius, BKKBN dan Danone Luncurkan Iklan Layanan Masyarakat “Cegah Stunting itu Penting

Sebagai institusi pendidikan, Universitas Gadjah Mada (UGM) berkomitmen untuk berkontribusi mendukung percepatan penurunan angka stunting di Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan bahwa pengetahuan tentang stunting wajib dipahami keluarga dan masyarakat.