Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli, Ketahui Fakta Menarik Seputar Tema Hingga Upaya untuk Melindungi Diri Terhadap Penyakit Hati Tersebut

By Syifa Amalia, Kamis, 28 Juli 2022 | 13:55 WIB
Peringatan Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli memiliki tema (Nakita.id/Naura)

Nakita.idHari Hepatitis Sedunia 28 Juli diperingati untuk membangun kesadaran atas betapa seriusnya penyakit hati ini.

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli juga diperuntukan untuk semua orang yang sedang berjuang untuk sembuh dari hepatitis.

Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli juga bertujuan untuk meningkatkan penanganan, deteksi, dan pencegahan hepatitis yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri maupun parasit.

Virus hepatitis memiliki lima jenis utama, yang dikenal sebagai tipe A, B, C, D, dan E.

Semuanya menyebabkan penyakit peradangan pada hati namun yang membedakan adalah asal virus, penularan dan tingkat keparahannya.

Misalnya Hepatitis B dan C menyebabkan penyakit kronis pada ratusan juta orang di seluruh dunia. Mereka juga penyebab paling umum dari sirosis hati, kanker hati, bahkan kematian.

Penyakit ini mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Beberapa mungkin menghadapi kelelahan, sakit perut atau demam, sementara yang lain bahkan tidak menunjukan gejala yang dapat dirasakan.

Sebagian orang mengembangkan penyakit kesehatan yang serius, yang meliputi gagal hati atau kerusakan otak.

Vaksinasi telah terbukti efektif dalam mencegah hepatitis, oleh karena itu dianjurkan sedini mungkin.

Baca Juga: Memperingati Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli, WHO Soroti Perlunya Mendekatkan Akses Kesehatan yang Lebih Baik pada Masyarakat untuk Mengurangi Angka Kasus Hepatitis

Hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap 28 Juli, berikut ini adalah fakta-fakta menarik seputar peringatan ini yang perlu Moms ketahui.

Sejarah Hari Hepatitis Sedunia