Biasa Menaruh Segelas Air di Samping Tempat Tidur? Hati-hati, Ini Dampak Buruk Minum dari Gelas yang Dibiarkan Terbuka Semalaman

By Syifa Amalia, Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:00 WIB
Bahaya minum air dari gelas yang dibiarkan semalaman bisa terpapar bakteri (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Sebagian orang terbiasa sengaja meletakkan segelas air putih di samping tempat tidur untuk berjaga-jaga merasa haus di tengah malam.

Dengan memiliki segelas air di dekatnya, hal ini bisa mengurangi waktu untuk berjalan ke dapur mengambil minum.

Tapi tahukah Moms, alih-alih menghidrasi tubuh justru meminum air dari gelas yang dibiarkan terbuka semalaman dapet berlakuk sebaliknya?

Ada alasan dibalik mengapa segelas air terasa aneh ketika dibiarkan ditempat terbuka selama beberapa jam atau bahkan sepanjang hari.

Menurut Kelly Johnson-Arbor, MD, seorang dokter spesialis toksikologi, direktur medis National Capital Poison Center, air yang dibiarkan semalaman, ia akan terkena udara.

Memungkinkan karbon dioksida yang ada di udara ikut larut dalam air.

Karbon dioksida diubah dalam tubuh kita menjadi asam karbonat oleh enzim yang disebut karbonat anhidrase. Karbonat anhidrase juga mengubah asam karbonat kembali menjadi karbon dioksida.

Semakin lama iar dibiarkan terbuka, semakin banyak senyawa asam yang berkembang di dalamnya mengubah rasa dari waktu ke waktu.

Peningkatan keasaman air itulah yang menyebabkan air terasa pahit atau basi.

Baca Juga: Bukan Hanya Kurang Minum Saja, Jarang Disadari Dehidrasi Juga Bisa Disebabkan oleh Beberapa Hal Berikut Ini

Kendati demikian, Dr. Johnson-Arbor mengatakan bahwa rasa tidak enak yang didapatkan dari paparan karbon dioksida tidak berbahaya bagi kesehatan.

Namun, yang menjadi kekhawatiran lebih besar adalah produksi bakteri.