Dukung Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, Blibli Ajak Masyarakat Jadi #PejuangLokal #CheckOutTakGentar

By Ruby Rachmadina, Selasa, 16 Agustus 2022 | 17:27 WIB
Blibli ajak masyarakat untuk menjadi pejuang produk UMKM dengan #CheckOutTakGentar. (Nakita.id/ Naura)

Nakita.id –  Menyelami makna kemerdekaan pada peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, Blibli mengajak masyarakat untuk mengisi momen kemerdekaan dengan lebih mencintai produk-produk dalam negeri.

Ini juga sekaligus memberikan perhatian lebih luas terhadap kreasi-kreasi lokal yang tak kalah bersaing.

Pada momen 17 Agustus kali ini, Blibli kembali menghadirkan gerakan #PejuangLokal #CekOutTakGentar untuk mendorong kebangkitan produk lokal untuk pulih lebih cepat setelah melalui pasang surut di masa pandemi.

Tema ini sekaligus mewujudkan optimisme pemerintah atas kebangkitan ekonomi rakyat melalui slogan resmi HUT ke-77 RI, ‘Pulih lebih cepat, Bangkit lebih kuat’.

Dalam Konfrensi Pers yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (15/8/2022) Edward K. Suwignyo, Chief Marketing Officer Blibli menyayangkan sikap masyarakat yang belum mengakui kualiras produksi UMKM lokal.

Ini terlihat karena masih banyak yang masih ragu untuk membeli produk lokal dalam negeri.

“Banyak masyarakat Indonesia yang mengakui kualitas produksi UMKM lokal, tetapi belum banyak yang benar benar membeli produk atau merek lokal. Karena itu, kami mengajak masyarakat untuk menjadi #PejuangLokal dengan #CekOutTakGentar produk UMKM pilihan mereka melalui Blibli. Dengan semakin banyak produk lokal yang dibeli, masyarakat akan membantu #PejuangLokal lain yaitu UMKM untuk memberdayakan masyarakat di sekitar mereka dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif”, ujar Edward K. Suwignyo.

Berdasarkan laporan "Digitalisasi UMKM: Kunci Pertumbuhan Inklusif Perekonomian Indonesia" yang disusun bersama oleh Blibli, Litbang Kompas, dan Boston Consulting Group, UMKM adalah pilar ekonomi nasional berkat kontribusinya terhadap 60% Produk Domestik Bruto (PDB), di mana 99% bisnis di Indonesia merupakan UMKM.

Pemberdayaan UMKM pun menjadi kunci penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif karena 84% UMKM mampu membuka lapangan pekerjaan dan 77% UMKM menyerap tenaga kerja lokal. 1

Di era digital ini, 74% UMKM telah mengenal adanya e-commerce, namun hanya 20% UMKM yangmemiliki literasi teknologi yang cukup untuk mengadopsi channel-channel online dalam menjalankanusaha.

Memahami pentingnya peran UMKM dalam menumbuhkan perekonomian negara, sekaligusmenyikapi minimnya literasi digital UMKM, Blibli berkomitmen untuk terus merangkul UMKM ke dalam ekosistem e-commerce Blibli yang komprehensif dan terintegrasi untuk memberikan peluang tumbuh yang berkelanjutan. 

Baca Juga: Penting! Begini Cara Daftar UMKM Online 2022 Perizinan Berusaha Bagi UMK dan Non UMK