BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 23 Agustus 2022! Hujan Lebat hingga Angin Kencang Melanda Aceh hingga Nusa Tenggara Timur, Semuanya Diminta Berlindung ke Tempat Aman

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 22 Agustus 2022 | 18:30 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Senin 22 Agustus 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) membuat pengumuman soal prediksi cuaca ekstrem pada Selasa 23 Agustus 2022.

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG, karena diprediksi Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem.

Ini semua agar bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada 30 wilayah di seluruh Indonesia.

Bukan tanpa alasan Indonesia mengalami cuaca ekstrem seperti ini, ada faktor yang memengaruhinya.

Apa saja faktornya, dan mana saja wilayah yang mengalami cuaca ekstrem pada Selasa 23 Agustus 2022?

Simak selengkapnya di sini.

BMKG menjelaskan, Bibit Siklon Tropis 93W terpantau di perairan timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30 kt.

Sementara, tekanan udara minimum 1000 mb bergerak ke arah barat dan memiliki potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada pada kategori tinggi.

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin terpantau memanjang di Samudra Hindia barat Lampung, di Kalimantan Barat, dari Laut Maluku hingga Gorontalo, di perairan Kep. Sangihe-Talaud.

Kemudian, di Halmahera bagian selatan, di P. Seram, di perairan utara Papua, dan dari Papua hingga Papua Barat bagian selatan.

Sementara itu, kondisi tersebut mampu meningkatkan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: BMKG Minta Semua Orang Selamatkan Nyawa Sekarang juga! Mulai dari Aceh hingga Sulawesi Selatan Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem pada Jumat 19 Agustus 2022