BMKG Minta Semua Orang Selamatkan Nyawa Sekarang Juga! Mulai dari Aceh hingga Sulawesi Utara Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem Pada Rabu 24 Agustus 2022

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 23 Agustus 2022 | 19:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Rabu 24 Agustus 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) membuat pengumuman soal prediksi cuaca ekstrem pada Rabu 24 Agustus 2022.

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG, karena diprediksi Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem.

Ini semua agar bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada 32 wilayah di seluruh Indonesia.

Bukan tanpa alasan Indonesia mengalami cuaca ekstrem seperti ini, ada faktor yang memengaruhinya.

Apa saja faktornya, dan mana saja wilayah yang mengalami cuaca ekstrem pada Rabu 24 Agustus 2022? Simak selengkapnya di sini.

Daerah Konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia Barat Aceh hingga Sumatera Utara.

Selain itu konvergensi juga terjadi di Sumatera Selatan hingga Bengkulu, di Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, di Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal.

Labilitas lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat,Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 23 Agustus 2022! Hujan Lebat hingga Angin Kencang Melanda Aceh hingga Nusa Tenggara Timur, Semuanya Diminta Berlindung ke Tempat Aman