Jawaban Lengkap Soal Pengayaan Halaman 74 Penerapan Prinsip Kimia Hijau pada Ekosistem Laut IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Selasa, 23 Agustus 2022 | 17:28 WIB
Ini jawaban mengenai pengayaan halaman 74 buku kurikulum merdeka ilmu pengetahuan alam SMA kelas X (Nakita/Kirana)

Nakita.id - Salah satu materi Kurikulum Merdeka untuk mata pelajaran IPA kelas X tingkat SMA adalah Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan.

Kimia Hijau dan Pembangunan Berkelanjutan masuk dalam Kurikulum Merdeka supaya siswa/i bisa memahami mengenai pengertian, prinsip, dan proses kimia hijau dalam kehidupan sehari-hari.

Pada buku Kurikulum Merdeka Ilmu Pengetahuan Alam kelas X, dijelaskan bahwa kimia hijau merupakan proses kimia yang baik, bermanfaat, dan aman bagi lingkungan.

Kimia hijau merupakan pendekatan kimia yang bertujuan memaksimalkan efisiensi dan meminimalkan pengaruh bahaya terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

Proses kimia hijau bisa menjaga kesejahteraan bumi supaya aman dan lestari.

Memang pada kenyataannya tidak ada reaksi kimia hijau yang sempurna bebas dari dampak negatif.

Meski begitu manusia bisa mengupayakan memberikan efek negatif ke lingkungan seminimal mungkin.

Prinsip kimia hijau diantaranya mencegah limbah, memaksimalkan nilai ekonmi suatu atom, sintesis kimia yang bahayanya sedikit, mendesai proses yang melibatkan bahan kimia yang aman, menggunakan pealarut dan kondisi reaksi yang lebih aman, serta mendesain efisiensi energi.

Selain itu, prinsip kimia hijau lainnya yaitu menggunakan bahan baku terbarukan, mengurangi bahan turunan kimia, menggunakan katalis, mendesain bahan kimia dan produk yang terdegradasi setelah digunakan, serta menganalisis secara langsung untuk mencegah polusi.

Artikel ini akan membahas mengenai jawaban soal Pengayaan halaman 74.

Para siswa diminta untuk mempelajari infografis yang ada pada gambar 3.11.

 Baca Juga: Menghitung Barisan dan Deret Geometri, Soal dan Kunci Jawaban Lengkap Latihan 2.2 Halaman 45 Kurikulum Merdeka Matematika Kelas X