Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Berikut 6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut yang Tepat, Salah Satunya Minum Air Putih

By Shannon Leonette, Jumat, 9 September 2022 | 12:59 WIB
Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, ini 6 cara menjaga kesehatan gigi dan mulut (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Moms perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang tepat.

Sebagai informasi, Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional sendiri diadakan setiap tanggal 12 September.

Melalui Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, pemerintah berharap agar masyarakat dari seluruh kalangan mengetahui betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Pasalnya, kesehatan gigi dan mulut merefleksikan kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan, khususnya di tengah pandemi ini.

Bahkan, menurut Direktur Pelayanan Kesehatan Primer drg. Saraswati, MPH, prevalensi permasalahan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi.

Demikian disampaikan, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menyadur dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, drg. Saraswati menyampaikan bahwa proporsi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit, yang mencapai angka 45,3% saat itu.

Di sisi lain, masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami oleh masyarakat Indonesia adalah gusi bengkak dan/atau keluar bisul (abses), yang mencapai angka 14% saat itu.

“Dari 57,6% penduduk bermasalah kesehatan gigi dan mulut, ternyata yang mengakses pelayanan kesehatan gigi hanya sekitar 10,2%,” ungkap drg. Saraswati.

Maka dari itu, sangat penting bagi masyarakat Indonesia termasuk Moms untuk mempelajari bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang tepat.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 6 cara yang bisa Moms lakukan mulai dari sekarang sebelum terlambat.

Baca Juga: Sambut Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Kenali 6 Faktor Penyebab Gigi dan Mulut yang Tidak Sehat, Stres Jadi Salah Satunya