Sambut Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, Kenali 6 Faktor Penyebab Gigi dan Mulut yang Tidak Sehat, Stres Jadi Salah Satunya

By Shannon Leonette, Kamis, 1 September 2022 | 16:23 WIB
6 faktor penyebab gigi dan mulut yang tidak sehat ini perlu Moms kenali mulai dari sekarang agar tidak terlambat untuk ditangani. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Sambut Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, yuk cari tahu apa saja faktor penyebab gigi dan mulut yang tidak sehat.

Menyambut Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional, pemerintah tentu tak henti-hentinya bersuara akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, melalui Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional ini, pemerintah berharap agar masyarakat dari seluruh kalangan sadar untuk merawat gigi dan mulut secara rutin.

Pasalnya, kesehatan gigi dan mulut turut merefleksikan kesehatan tubuh seseorang secara umum. Terlebih, di masa pandemi sekarang ini.

Apalagi, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, drg. Saraswati, MPH mengatakan, prevalensi permasalahan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terbilang masih sangat tinggi, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, proprosi terbesar masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak/berlubang/sakit, yang mencapai 45,3%.

Sedangkan, masalah kesehatan mulut yang mayoritas dialami di Indonesia dalah gusi bengkak dan/atau keluar bisul (abses) yang mencapai 14%.

"Dari 57,6% penduduk bermasalah kesehatan gigi dan mulut, ternyata yang mengakses pelayanan kesehatan gigi hanya sekitar 10,2%," ungkap. dr. Saraswati.

Lantas, apa saja faktor-faktor penyebab gigi dan mulut yang tidak sehat?

Sayangnya, masih banyak orang termasuk Moms yang belum tahu beberapa faktor penyebabnya.

Maka dari itu, Moms harus tahu beberapa faktor penyebab gigi dan mulut yang tidak sehat ini, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Konsultasi Masalah Gigi dan Mulut jadi Lebih Mudah! Manfaatkan Layanan Teledentistry Gratis dengan Dokter Gigi Profesional, Begini Caranya