Jangan Sampai Dibiarkan Menumpuk! Berikut 9 Barang Bekas yang Bisa Digunakan Kembali di Rumah

By Shannon Leonette, Rabu, 14 September 2022 | 14:42 WIB
Moms wajib catat apa saja barang bekas yang bisa digunakan kembali di rumah agar lingkungan sekitar tetap terjaga dan nyaman ditinggali. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Apakah Moms tahu kalau ada barang bekas yang bisa digunakan kembali?

Sampai saat ini, ternyata cukup banyak orang yang tidak tahu bahwa ada beberapa barang bekas yang bisa digunakan kembali.

Lantas, apa saja barang bekas yang bisa digunakan kembali ini?

Sebelum itu, Moms harus tahu kalau setiap tahunnya ada 2,01 miliar ton sampah yang dihasilkan dunia.

Bahkan, angka ini diperkirakan bisa mencapai 3,4 miliar ton pada tahun 2050.

Mengutip Global Citizen, sebagian besar sampah yang dihasilkan ini rata-rata akan berakhir di negara termiskin di dunia, seperti Bangladesh, Laos, Ethiopia, dan Senegal.

Sampah-sampah ini tidak bisa didaur ulang. Bahkan, dibakar secara ilegal atau dibuang di lahan kosong ataupun saluran air dan dibiarkan di sana.

Padahal, sampah yang menumpuk di satu tempat ini merupakan sarang penyakit yang bagus, Moms.

Selain menjadi sarang pertumbuhan penyakit, sampah juga mengandung banyak zat kimia beracun yang bisa membahayakan nyawa kita.

Maka dari itu, sebagai ibu rumah tangga, Moms harus meminimalisir penghasilan sampah di rumah. Salah satunya adalah menggunakan kembali barang bekas yang ada di rumah.

Masih melansir dari Global Citizen, berikut ini daftar barang bekas yang bisa digunakan kembali di rumah. Catat sekarang!

Baca Juga: Terlilit Utang Bikin Pusing, Begini Caranya Keluar dari Lilitan Utang, Jual Barang-barang Bekas Bisa Jadi Solusinya