Kunci Jawaban Soal 4 dan 5 Latihan Soal Latihan Terpadu IPA SMA Kelas X Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Selasa, 20 September 2022 | 07:30 WIB
Jawaban latihan soal terpadu tentang pemanasan global di buku IPA SMA kelas X Kurikulum Merdeka (Nakita.id/David)

Nakita.id - Di Kurikulum Merdeka IPA SMA kelas X, terdapat materi berupa atmosfer.

Pada Kurikulum Merdeka, peserta didik diharapkan mengerti atmosfer yang ada di kehidupan sehari-hari.

Peserta didik diminta untuk mengerjakan Soal Latihan Terpadu halaman 219 di buku IPA SMA kelas X Kurikulum Merdeka.

Ini merupakan soal yang berkaitan dengan Bab 8, yaitu Pemanasan Global: Konsep dan Solusi.

Pemanasan global bisa dikarenakan peningkatan kadar CO2.

Sebenarnya, peningkatan CO2 sudah dicatat sejak tahun 1958 oleh ilmuwan bernama Charles David Keeling.

Ilmuwan mengamati adanya kaitan erat antara peningkatan suhu global dengan tingkat CO2.

Kadar CO2 yang tercatat pada 60 tahun yang lalu adalah 315 ppm.

Namun, angka tersebut naik teratur melebihi 410 ppm pada tahun 2018.

Catatan terakhir pada 11 Februari 2021, kadar CO2 tercatat mencapai angka 417,21 ppm, artinya terdapat 417,21 mg CO2 yang terkandung dalam satu juta mg udara).

Peningkatan produksi CO2 ini berkaitan dengan aktivitas manusia.

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal D Halaman 218 IPA SMA Kelas X Kurikulum Merdeka

Beberapa contoh aktivitas manusia yang menyebabkan peningkatan COdiantaranya penggunaan bahan bakar fosil.

Baik untuk kegiatan industri maupun berkendara.

Gas COhasil pembakaran diemisikan ke atmosfer sekitar 57% sedangkan sisanya masuk ke laut dan terserap oleh reaksi fotosintesis.

Jumlah atom karbon selalu sama baik dalam bentuk CO2 di udara maupun dalam bentuk senyawa lainnya di luar emisi CO2.

Oleh karena itu, emisi CO2 di udara inilah yang harus dikurangi.

Soal 4

Ozon juga terbentuk selama terjadi petir. Ini menyebabkan bau khas setelah petir berlalu.

Berdasarkan artikel tersebut, ozon yang manakah yang terbentuk saat badai petir ini (apakah ozon “baik” atau ozon “berbahaya”) dan mengapa demikian?

Pilihlah jawaban paling tepat yang didukung oleh teks pada artikel tersebut.

A. Ozon yang “berbahaya” karena dibentuk selama cuaca buruk berlangsung.

B. Ozon yang “berbahaya” karena dibentuk pada lapisan troposfer.

Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Penalaran Latihan 4.4 Halaman 108 tentang Perbandingan Trigonometri Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

C. Ozon yang “baik” karena dibentuk pada lapisan stratosfer.

D. Ozon yang “baik” karena menimbulkan aroma yang enak.

Jawaban: (B) merupakan ozon yang “berbahaya” karena dibentuk pada lapisan troposfer.

Soal 5

Tulislah persamaan reaksi kimia kemungkinan reaksi CFC dengan ozon di stratosfer.

Kalian dapat mengacu pada materi Bab 8 (Penggunaan Freon dalam Kehidupan Sehari-hari) untuk menjawab pertanyaan ini).

Jawaban: 

Cl (g) + O3 (g) -> ClO (g) + O2 (g) (persamaan 1)

ClO (g) + O (g) -> Cl (g) + O2 (g) (persamaan 2)

ClO (g) + ClO (g) -> O2 (g) + 2 Cl (g) (persamaan 3)

Persamaan di atas dengan menggunakan sinar UV.

Baca Juga: Mengenal Perbandingan Trigonometri Beserta Kunci Jawaban Soal Latihan 4.1 Halaman 101 Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka