Ini Buktinya Alam Sedang Buruk! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Jumat 23 September 2022, Ini Wilayah yang Diprediksi Alami Hujan Lebat sampai Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 22 September 2022 | 16:50 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 23 September 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Akhir-akhir ini BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem.

 

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG, karena diprediksi Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem.

Selain itu sekarang sudah masuk bulan September dimana memang Indonesia seharusnya harus memasuki musim hujan.

Dan benar saja, sudah mulai turun hujan dimana-mana.

Hampir semua wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang bisa membahayakan kehidupan manusia tersebut.

Moms dan Dads yang tidak ingin terkena dampaknya harus menghindarinya.

Bagaimana caranya?

Untuk menghindari hal yang menakutkan, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 23 September 2022.

Bukan tanpa alasan, BMKG mengeluarkan peringatan tersebut karena sudah riset dan melakukan penelitian sebelumnya.

Melansir laman resmi BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Sumatera dan di Laut Seram yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat Aceh-Bengkulu, dari Sumatera Selatan hingga Samudra Hindia barat Sumatera, di Samudra Hindia selatan Jawa Barat-barat Lampung, dan dari Papua Barat hingga P. Seram.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan selatan Sulawesi Selatan hingga Selat Makassar, dari Teluk Tomini hingga Laut Sulawesi, di Laut Banda, di perairan utara Papua, dan dari Papua hingga perairan Kep. Kai.

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Pada Rabu 21 September 2022, Sederet Wilayah Ini Diprediksi Alami Hujan Lebat hingga Angin Kencang