Pemanfaatan Perbandingan Trigonometri, Jawaban Lengkap Soal Latihan 4.5 Halaman 114 Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Jumat, 23 September 2022 | 14:44 WIB
Jawaban soal Latihan 4.5 halaman 114 tentang pemanfaatan perbandingan trigonometri buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka (Pixabay.com)

Nakita.idPerbandingan trigonometri menjadi materi yang dibahas dalam bab 4 Matematika Kurikulum Merdeka.

Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita telah membahas tentang jenis dan kegunaan perbandingan trigonometri Tan θ.

Kali ini, kita akan membahas pemanfaatan perbandingan trigonometri.

Selain perbandingan nilai tangen, siswa juga perlu mengetahui tentang sinus dan cosinus.

Nilai perbandingan sisi depan dan sisi miring disebut juga dengan sinus.

Nilai perbandingan sisi samping dan sisi miring disebut juga dengan cosinus.

Adapun salah satu pemanfaatan perbandingan trigonometri adalah pada piramida.

Nah, untuk mempemudah pemahaman tentang hal ini, yuk kita jawab soal Latihan 4.5 halaman 114 buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka!

Latihan 4.5

1. Sebuah segitiga siku-siku PQR, mempunyai besaran ∠P = 53,2˚ dan besaran ∠Q = 36,8˚.

Soal nomor 1 Latihan 4.5 pemanfaatan perbandingan trigonometri halaman 114 buku Matematika Kurikulum Merdeka

Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Penalaran Latihan 4.4 Halaman 108 tentang Perbandingan Trigonometri Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

a. Cari nilai sin 53,2! Uraikan cara dan proses berpikirmu

b. Nilai perbandingan panjang sisi QR dan QP sama dengan nilai ________.

i. Cos 53,2

ii. Cos 36,8

Jawaban:

a. Aku tahu bahwa sin θ = sisi depan / sisi miring

Aku tahu ∠P = 53,2˚

Sisi depan ∠P adalah sisi QR yang panjangnya 4 unit.

Sisi miring (hipotenusa) segitiga siku-siku ini adalah sisi PQ yang panjangnya 5 unit.

Jadi, sin 53,2˚ = 4/5

b. Aku juga tahu bahwa cos θ = sisi samping / sisi miring

Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Aplikasi Latihan 4.4 Halaman 107 tentang Perbandingan Trigonometri Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

Aku juga tahu sisi QR adalah sisi samping ∠Q = 36,8˚

cos 36,8˚ = QR (sisi samping) / QP (sisi miring/hipotenusa)

Jadi, jawabannya adalah ii. cos 36,8˚.

2. Jika ∠A = θ dan cos θ = , tandai ∠A pada gambar segitiga di bawah.

Jika ∠M = θ dan sin θ = , tandai ∠M pada gambar segitiga di bawah.

Soal nomor 2 Latihan 4.5 pemanfaatan perbandingan trigonometri halaman 114 buku Matematika Kurikulum Merdeka

Jawaban:

Jawaban nomor 2 Latihan 4.5 pemanfaatan perbandingan trigonometri halaman 114 buku Matematika Kurikulum Merdeka

3. Jika ∠M = θ dan sin θ = , tandai ∠M pada gambar segitiga di bawah.

Soal nomor 3 Latihan 4.5 pemanfaatan perbandingan trigonometri halaman 114 buku Matematika Kurikulum Merdeka

Jawaban:

Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Pemahaman Perbandingan Trigonometri Latihan 4.4 Halaman 105 Buku Matermatika Kelas X Kurikulum Merdeka

 

Jawaban nomor 3 Latihan 4.5 pemanfaatan perbandingan trigonometri halaman 114 buku Matematika Kurikulum Merdeka

4. Kerjakan secara mandiri:

Tuliskan arti sin θ sebagai nilai perbandingan dengan kata-kata kalian sendiri! Jika dirasa perlu, boleh menambahkan gambar.

Kerjakan bersama dua atau tiga teman sekelas:

Bandingkan jawabanmu dengan teman sekelasmu. Berikan masukan untuk definisi temanmu atau/dan merevisi definisimu sendiri.

Kerjakan bersama-sama satu kelas (dipimpin guru):

Bagikan secara lisan definisi yang menurutmu baik kepada seluruh kelas. Guru akan merangkum definisi dan kegiatan ini.

Jawaban:

Contoh jawaban yang tepat:

Sinus adalah nilai perbandingan sisi depan dan sisi miring suatu sudut pada segitiga siku-siku.

Nilai sinus ditentukan oleh besaran sudut dan dapat diterapkan pada segitiga siku-siku dengan ukuran berbeda-beda.

Baca Juga: Mengenal Perbandingan Trigonometri Tan, Kunci Jawaban Latihan 4.2 Halaman 103 Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka

5. Kerjakan secara mandiri:

Tuliskan arti cos θ sebagai nilai perbandingan dengan kata-kata kalian sendiri! Jika dirasa perlu, boleh menambahkan gambar.

Kerjakan bersama teman sekelas:

Bandingkan jawabanmu dengan teman sekelasmu. Berikan masukan untuk definisi temanmu atau/dan merevisi definisimu sendiri.

Kerjakan bersama-sama satu kelas (dipimpin guru):

Bagikan secara lisan definisi yang menurutmu baik kepada seluruh kelas. Guru akan merangkum definisi dan kegiatan ini.

Jawaban:

Cosinus adalah nilai perbandingan sisi samping dan sisi miring suatu sudut pada segitiga siku-siku.

Nilai cosinus ditentukan oleh besaran sudut dan dapat diterapkan pada segitiga siku-siku dengan ukuran berbeda-beda.

Nah, itu dia jawaban soal Latihan 4.5 halaman 114 buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ringkasan Lengkap Bab 3 Mengenai Vektor dan Operasinya Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka