Siap-siap Berlindung karena BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 27 September 2022, Sederet Wilayah Ini Akan Hadapi Hujan Lebat hingga Angin Kencang, kecuali Bali dan Nusa Tenggara Barat

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 26 September 2022 | 18:45 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 27 September 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem. Sudah masuk bulan September, Indonesia masih dilanda cuaca ekstrem.

Pasalnya, memang Indonesia seharusnya harus memasuki musim hujan, jadi tak heran kalau cuaca mulai berbeda sekarang, dan benar saja, sudah mulai turun hujan dimana-mana.

Hampir semua wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang bisa membahayakan kehidupan manusia tersebut.

Untuk menghindari hal yang menakutkan, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 27 September 2022.

Siklon Tropis Noru terpantau di Laut Filipina bagian barat dengan kecepatan angin maksimum 70 knot dan tekananudara minimum 975 hPa yang bergerak ke arah barat barat laut.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga lebih dari 25 knot yang terpantau memanjang dari Laut Cina Selatan hingga Filipina.

Pusat Tekanan Rendah terpantau di wilayah Samudra Pasifik timur Filipina dan di Australia bagian utara yang membentuk daerah konvergensi.

Sementara itu, daerah konvergensi memanjang di Samudra Pasifik timur Filipina dan dari Teluk Carpentaria hingga Australia bagian utara. Sistem ini diperkirakan akan meningkat intensitasnya dalam 24 jam ke depan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis/pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

- Aceh

Baca Juga: BMKG Minta Semua Orang Selamatkan Nyawa Sekarang juga! Mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara Timur Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem pada Sabtu 24 September 2022