BMKG Minta Semua Orang Selamatkan Nyawa Sekarang juga! Mulai dari Aceh hingga Nusa Tenggara Timur Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem pada Sabtu 24 September 2022

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 23 September 2022 | 19:58 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 24 September 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) membuat pengumuman soal prediksi cuaca ekstrem pada Sabtu 24 September 2022.

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG, karena diprediksi Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem.

Ini semua agar bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada 31 wilayah di seluruh Indonesia.

Bukan tanpa alasan Indonesia mengalami cuaca ekstrem seperti ini, ada faktor yang memengaruhinya.

Apa saja faktornya, dan mana saja wilayah yang mengalami cuaca ekstrem pada Sabtu 24 September 2022? Simak selengkapnya di sini.

Dilansir laman resmi BMKG, Sirkulasi Siklonik terpantau di Kalimantan Barat bag selatan dan di Selat Makassar yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Laut Jawa hingga Selat Karimata, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat, dari Sulawesi Barat hingga Kalimantan Timur.

Daerah Konvergensi lainnya memanjang dari Samudra Hindia Barat Aceh hingga Aceh, dari Lampung hingga Bengkulu, di Kalimantan Utara, dan di Jawa Barat serta daerah konfluensi terpantau di Samudra Hindia bagian Barat Daya Sumatera dan Samudra Pasifik Timur Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di sebagian besar Pesisir Barat Sumatera, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Lalu, wilayah mana saja yang mengalami cuaca ekstrem?

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Baca Juga: Ini Buktinya Alam Sedang Buruk! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Jumat 23 September 2022, Ini Wilayah yang Diprediksi Alami Hujan Lebat sampai Angin Kencang