Apa Singkatan dari Puskesmas? Berikut Pembahasan Mengenai Puskesmas Mulai dari Tujuan dan Fungsinya sebagai Fasilitas Kesehatan

By Kintan Nabila, Senin, 26 September 2022 | 20:15 WIB
Mengenal lebih dalam tentang puskesmas yang merupakan fasilitas kesehatan paling dekat dengan masyarakat (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Puskesmas merupakan layanan kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat.

Sehingga, tak heran jika banyak orang-orang yang lebih memilih Puskesmas untuk berobat.

Namun, apakah Moms sudah tahu apa singkatan puskesmas?

Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai puskesmas mulai dari fungsi sampai tujuannya.

Apa singkatan dari Puskesmas?

Puskesmas merupakan singkatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat.

Mengutip dari Permenkes No.75 Tahun 2014 Ttg Pusat Kesehatan Masyarakat, puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.

Dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya

Tujuan puskesmas

1. Memberikan pelayanan kesehatan melalui penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.

Dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

2. Memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan dengan sasaran keluarga, kelompok, dan masyarakat.

3. Memberikan pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk peningkatan, pencegahan, penyembuhan penyakit, pengurangan penderitaan akibat penyakit dan memulihkan kesehatan perseorangan.

Baca Juga: Sederet Daftar Pelayanan Kesehatan di Puskesmas, Cek di Sini!