Merayakan Hari Jantung Sedunia dengan Mengetahui Gejala Gagal Jantung yang Terjadi Pada Ibu Hamil, Ternyata Pemicunya 3 Hal Tak Terduga Ini

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 29 September 2022 | 23:30 WIB
Gejala gagal jantung pada ibu hamil (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Setiap tanggal 29 September diperingati Hari Jantung Sedunia.

Dicetusnya hari tersebut karena setiap tahunnya pengidap penyakit jantung semakin meningkat.

Mengerikannya banyak yang meninggal karena penyakit jantung hingga hari ini.

Penyakit jantung sendiri memang menjadi momok, karena jadi salah satu penyakit mematikan selain kanker. Salah satunya pada ibu hamil.

Ibu hamil bisa mengalami gagal jantung dan mengakibatkan kematian juga lo, Moms!

Gagal jantung pada ibu hamil merupakan masalah kesehatan serius yang harus diwaspadai, karena gagal jantung pada ibu hamil saat ini banyak terjadi Moms.

Biasanya, penyebab gagal jantung pada ibu hamil disebabkan karena berbagai hal.

Misalnya, melahirkan sudah lebih dari 1 kali, atau pernah melahirkan anak kembar.

Selain itu, faktor usia yang terlalu tua ketika mengandung misal 30 tahun ke atas lebih berisiko tinggi mengalami gagal jantung.

Riwayat preeklampsia atau tekanan darah tinggi selama hamil juga bisa menyebabkan gagal jantung. Ketika mengalami gagal jantung maka kehamilan yang dijalani pun penuh risiko.

Tapi Moms tak perlu khawatir, selama di bawah pantauan dokter tentu saja ibu hamil yang mengalami gagal jantung masih tetap bisa melahirkan buah hatinya. Ya meskipun, risiko yang mungkin akan terjadi akan lebih tinggi.

Baca Juga: Memperingati Hari Jantung Sedunia Hari Ini, Moms dan Dads Wajib Kontrol Kesehatan Jantung di Puskesmas Satu Bulan Sekali, Jangan Khawatir Soal Biayanya