Tidak Hanya Kekerasan Fisik, Ini 5 Bentuk Kekerasan dalam Rumah Tangga, Kenali Tanda-Tanda Pasangan yang Abusive

By Syifa Amalia, Jumat, 30 September 2022 | 13:59 WIB
Cara mengenali pasangan yang abusive lewat bentuk-bentuk kekerasan dalam rumah tangga. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id –  Berada di hubungan yang tidak sehat merupakan mimpi buruk bagi semua orang.

Bayang-bayang pasangan yang kasar seringkali menghantui hari-hari yang kelam.

Kekerasan dalam rumah tangga menjadi hal yang sulit untuk ditoleransi dalam sebuah hubungan.

Menurut Woman’s Aid, kekerasan rumah tangga adalah keadaan dimana satu orang menggunakan kekerasan untuk mengontrol kekuasan atas pasangannya dalam sebuah hubungan.

Dalam hal ini tidak hanya kekerasan fisik, tetapi juga termasuk kekerasan emosional, dan kekerasan seksual, maupun kekerasan finansial.

Pasangan yang kasar mungkin membuat seseorang merasa tidak percaya diri, atau bahwa masalah dalam hubungan adalah kesalahan diri sendiri.

Setiap orang dapat mengalami situasi seperti ini, untuk itu penting untuk mengenali apa saja tanda kekerasan yang biasa terjadi dalam hubungan.

1. Physical Abuse

Bentuk kekerasan dalam rumah tangga yang paling dikenali adalah kekerasan fisik.

Kekerasan fisik mungkin tampak seperti bentuk kekerasan yang jelas, tetapi sering kali dimulai dengan tindakan kecil dan kemudian meningkat seiring berjalannya waktu.

Hal ini menyebabkan cedera tubuh yang disengaja seperti menampar, menendang, meninju, tersedak, mencubit, mencekik, dan pengekangan fisik lainnya.

Baca Juga: Berkaca dari KDRT Rizky Billar pada Lesti Kejora Meski Pernikahan Tampak Harmonis, Kenali Tanda-tanda Pasangan Berpotensi Lakukan Kekerasan Selama Jalin Hubungan