Prediksi Cuaca Ekstrem untuk Selasa 4 Oktober 2022, BMKG Minta Warga Waspada Hadapi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Berikut

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 4 Oktober 2022 | 07:59 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 4 Oktober 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Perhatian, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 4 Oktober 2022.

Bukan tanpa alasan lo Moms, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki alasan logis mengenai prediksi cuaca ekstrem yang akan terjadi tidak lama lagi.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Bengkulu, di Laut Natuna dan di Sulawesi Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan Kep. Natuna dan dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Selatan.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Riau hingga Jambi, dari Sumatera Selatan hingga Lampung, dari Bangka Belitung hingga Kalimantan Barat, di Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku Utara dan Papua.

Akibat dari adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia, BMKG memperkirakan akan ada 32 wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Beberapa wilayah tersebut di antaranya Aceh, Jambi, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara.

Selanjutnya, ada dua wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang. Dua wilayah tersebut adalah Bali dan Sulawesi Tenggara.

Selengkapnya, berikut peringatan dini cuaca yang dirilis BMKG untuk Selasa 4 Oktober 2022.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 2 Oktober 2022, Wilayah Mana Saja?