Nakita.id - Simak selengkapnya kunci jawaban Bab 3 Lembar Aktivitas 4 Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 168-169.
Materi yang dibahas dalam Bab 3 Kurikulum Merdeka IPS Kelas X adalah Ilmu Ekonomi: Manusia dan Upaya Pemenuhan Kebutuhan.
Selain Lembar Aktivitas 3 halaman 164, soal lainnya yang bisa dicoba adalah Bab 3 Kurikulum Merdeka IPS Kelas X adalah Lembar Aktivitas 4 di halaman 168-169.
Dalam soal ini, peserta didik diminta untuk mengamati lingkungan sekitar dan menemukan berbagai masalah terkait kegiatan ekonomi.
Kemudian, peserta didik diminta untuk membuat daftar pertanyaan untuk ditanyakan ke para pelaku ekonomi.
Lalu, peserta didik diminta melakukan wawancara dengan para pelaku ekonomi.
Setelahnya, peserta didik diminta membuat laporan hasil pengamatan dan wawancara tersebut.
Sangat disarankan bagi peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang disajikan dengan sendirinya.
Baru jika ada hal yang masih dibingungkan atau dipertanyakan, orangtua bisa memberikan kunci jawaban berikut ini.
Berikut adalah kunci jawaban Bab 3 Lembar Aktivitas 4 Kurikulum Merdeka IPS Kelas X halaman 168-169.
Jangan sampai terlewat!
Kunci Jawaban Bab 3 Lembar Aktivitas 4 Kurikulum Merdeka IPS Kelas X Halaman 168-169
Lembar Aktivitas 4
Petunjuk kerja:
• Kerjakan tugas dengan berkelompok!
• Gunakan berbagai sumber belajar untuk mengerjakan tugas!
Tugas
• Amatilah lingkungan sekitar kalian dan temukan berbagai masalah yang terkait dengan kegiatan ekonomi, misalnya hal yang terkait dengan konsumsi, distribusi dan produksi.
• Buatlah daftar pertanyaan yang hendak ditanyakan ke para pelaku ekonomi, baik konsumen, distributor maupun produsen.
• Lakukan wawancara dengan para pelaku ekonomi yang menurut kalian representatif!
• Buatlah laporan dari kegiatan belajar kalian!
• Diskusikan temuan kalian di kelas!
Jawaban:
Masalah yang Terkait dengan Kegiatan Ekonomi
1. Contoh masalah produksi yang ada di masyarakat:
a. Kurang tersedia bahan dasar dalam produksi.
b. Kurang tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM).
c. Gangguan dari hewan yaitu hama maupun tumbuhan yaitu gulma.
d. Kerusakan pada alat produksi atau area produksi oleh kesalahan manusia maupun bencana alam.
2. Contoh masalah distribusi yang ada di masyarakat:
a. Kurang tersedia kendaraan atau alat transportasi untuk distribusi.
b. Terjadinya masalah/kecelakaan di lapangan, seperti kecelakaan, bencana alam, dan hal-hal lainnya yang terjadi secara mendadak serta tidak dapat dihindari.
c. Kondisi alam dan jalan, seperti jauhnya letak lokasi pengantaran dari stasiun atau pelabuhan, kondisi jalan yang masih jelek dan sebagainya.
3. Contoh masalah konsumsi yang terjadi di masyarakat:
a. Kerusakan kemasan barang sehingga menimbulkan kerusakan isinya sebelum dikonsumsi oleh masyarakat.
b. Tidak terdapat tanggal kadaluwarsa pada kemasan barang.
Daftar Pertanyaan yang ditanyakan ke Para Pelaku Ekonomi
1. Konsumen
a. Bagaimana prinsip anda dalam melakukan konsumsi?
b. Bagaimana pilihan anda dalam konsumsi pada pakaian dan perhiasan?
c. Bagaimana sikap anda dalam membelanjakan harta?
d. Dimana biasanya anda berbelanja?
e. Bagaimana prinsip anda dalam konsumsi pada informasi dan komunikasi?
f. Bagaimana prinsip dan pilihan anda dalam konsumsi pada pendidikan?
2. Distributor
a. Bagaimana sikap dan prinsip anda dalam melakukan kegiatan distribusi?
b. Bagaimana sikap dan prinsip anda dalam mengambil keuntungan?
c. Bagaimana pilihan produk yang anda distribusikan?
3. Produsen
a. Apa pekerjaan anda saat ini?
b. Apa alasan anda memilih pekerjaan tersebut?
c. Bagaimana sikap dan prinsip anda saat bekerja?
d. Bagaimana sikap dan prinsip anda dalam melakukan produksi?
e. Bagaimana pilihan produksi anda?
f. Alat produksi apa yang anda gunakan? Apakah ada pihak lain yang membantu anda dalam proses produksi?
g. Berapa biaya yang anda keluarkan dalam sekali produksi dan berapa keuntungan yang anda peroleh dalam sekali produksi?
Solusi Masalah Ekonomi
1. Mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang akan mendukung tumbuhnya sektor-sektor ekonomi potensial.
2. Mendorong berkembangnya sektor ekonomi potensial daerah sebagai sumber pertumbuhan baru yang disesuaikan dengan karakteristik daerah.
3. Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan vokasi dan meningkatkan skala ekonomi dan kapasitas Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Jawa Barat.
4. Meningkatkan nilai tambah hasil produk pertanian.
5. Pengembangan sektor pariwisata dengan strategi penguatan atraksi, akses, dan amenitas (3A) sebagai quick wins melalui pengembangan destinasi unggulan pariwisata tematik yakni wisata bahari, wisata sejarah, religi, dan tradisi-seni budaya, serta desa wisata.
Format tugas ini dapat kalian gunakan untuk menuliskan temuan, tetapi kalian dapat mengembangkan laporan dalam berbagai bentuk, misalnya poster, buletin, film, presentasi, dan masih banyak lagi.
Aksi lanjutan: Kalian dapat melakukan kampanye mengenai solusi yang ditawarkan melalui media sosial dengan membuat infografis, poster, film pendek dan lain-lain.
Untuk melihat kembali kunci jawaban Lembar Aktivitas 4 halaman 168-169, cek halaman 2. (*)