Mengenal Histogram dalam Statistika, Jawaban Soal Latihan 7.1 Halaman 178 Buku Matematika Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Senin, 24 Oktober 2022 | 07:30 WIB
Jawaban soal histogram Latihan 7.1 halaman 178 buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id – Setelah menyelesaikan bab 6, kini kita lanjut ke bab 7 Matematika kelas X SMA Kurikulum Merdeka.

Pada bab 7 Matematika kelas X SMA Kurikulum Merdeka, materi yang dibahas adalah tentang statistika.

Dalam Kurikulum Merdeka ini, statistika bisa dijelaskan dalam berbagai tipe diagram.

Diagram mana yang paling baik untuk digunakan, sangat tergantung pada data apa yang dimiliki dan informasi apa yang ingin disampaikan.

Nah, salah satu diagram yang dapat kalian gunakan adalah histogram. Histogram hampir serupa dengan diagram batang, namun histogram berbeda dengan diagram batang.

Histogram biasanya digunakan untuk menunjukkan distribusi dari suatu kelompok data, sedangkan diagram batang digunakan untuk membandingkan data.

Histogram menampilkan data yang sifatnya kuantitatif dengan rentang data yang dikelompokkan ke dalam interval, sedangkan diagram batang menampilkan data yang sifatnya kategori.

Perbedaan lainnya, pada histogram, gambar batang menempel satu sama lain, sedangkan pada diagram batang, ada spasi antarbatang.

Perbedaan terakhir, diagram batang biasanya memiliki batang dengan lebar yang sama, sedangkan lebar batang dalam histogram tidak perlu sama selama luas totalnya seratus persen jika digunakan persen atau luas total sama dengan jumlah data.

Oleh karena itu, frekuensi data dalam diagram batang dilihat dari panjang batang, sedangkan frekuensi dalam histogram diberikan berdasarkan area pada masing-masing batang.

Agar lebih mudah memahaminya, yuk kita bahas soal histogram Latihan 7.1 halaman 178 buku Matematika kelas X SMA Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Fungsi Kuadrat Latihan 6.4 Halaman 160 Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka