Nakita.id – Setelah menyelesaikan bab 6, kini kita lanjut ke bab 7 Matematika kelas X SMA Kurikulum Merdeka.
Pada bab 7 Matematika kelas X SMA Kurikulum Merdeka, materi yang dibahas adalah tentang statistika.
Dalam Kurikulum Merdeka ini, statistika bisa dijelaskan dalam berbagai tipe diagram.
Diagram mana yang paling baik untuk digunakan, sangat tergantung pada data apa yang dimiliki dan informasi apa yang ingin disampaikan.
Nah, salah satu diagram yang dapat kalian gunakan adalah histogram. Histogram hampir serupa dengan diagram batang, namun histogram berbeda dengan diagram batang.
Histogram biasanya digunakan untuk menunjukkan distribusi dari suatu kelompok data, sedangkan diagram batang digunakan untuk membandingkan data.
Histogram menampilkan data yang sifatnya kuantitatif dengan rentang data yang dikelompokkan ke dalam interval, sedangkan diagram batang menampilkan data yang sifatnya kategori.
Perbedaan lainnya, pada histogram, gambar batang menempel satu sama lain, sedangkan pada diagram batang, ada spasi antarbatang.
Perbedaan terakhir, diagram batang biasanya memiliki batang dengan lebar yang sama, sedangkan lebar batang dalam histogram tidak perlu sama selama luas totalnya seratus persen jika digunakan persen atau luas total sama dengan jumlah data.
Oleh karena itu, frekuensi data dalam diagram batang dilihat dari panjang batang, sedangkan frekuensi dalam histogram diberikan berdasarkan area pada masing-masing batang.
Agar lebih mudah memahaminya, yuk kita bahas soal histogram Latihan 7.1 halaman 178 buku Matematika kelas X SMA Kurikulum Merdeka.
Latihan 7.1
1. Perhatikan diagram batang berikut. Diagram berikut menunjukkan waktu yang ditempuh oleh para atlet di Olimpiade 1998 cabang Lintas Alam 10 km.
a. Dari Gambar 7.4, ada berapa atlet yang berpartisipasi dalam cabang lintas alam? Ada berapa negara yang berpartisipasi dalam cabang ini?
b. Peserta dari negara manakah yang mendapatkan medali emas? Berapakah catatan waktunya?
c. Berapakah atlet yang menyelesaikan lomba ini dengan interval catatan waktu antara 31 menit dan 32 menit 59 detik?
d. Gambar 7.4 disusun berdasarkan abjad dari nama depan asal negara atlet. Pikirkanlah cara lain untuk menyusun diagram batang ini.
Pertanyaan seperti apakah yang mudah untuk dijawab dari susunan diagram batang yang baru tersebut?
Jawaban:
a. 25 atlet; 20 negara
b. Peraih medali emas: Norwegia 1; sekitar 27 menit
c. 8 pelari
d. Menggunakan histogram dengan data catatan waktu di sumbu x dan banyaknya atlet di sumbu y.
Pertanyaan yang dapat dijawab dengan histogram ini adalah berapa banyak pelari yang memiliki catatan waktu antara 30-35 menit?
2. Dari data catatan waktu para atlet cabang Lintas Alam pada Gambar 7.4,
a. Lengkapilah kolom Frekuensi pada Tabel 7.2.
b. Buatlah histogram yang menunjukkan banyaknya atlet yang menyelesaikan lomba Lintas Alam dalam tiap interval catatan waktu.
Satu batang untuk interval waktu 31:00–32:59 telah digambar pada histogram di bawah ini.
c. Interval waktu manakah yang memiliki jumlah atlet paling banyak?
d. Bentuk dari susunan batang-batang pada histogram menunjukkan distribusi dari data-data yang ada.
Distribusi data menunjukkan bagaimana data tersebar, seperti di mana kebanyakan data berada, di mana tidak ditemui data apa pun, dan di mana data sangat sedikit.
Apa yang dapat kamu simpulkan dari distribusi data catatan waktu para atlet di atas?
Jawaban:
a.
b.
c. Interval 29:00-30:59
d. Mayoritas atlet berlari dengan waktu di bawah 31 menit.
Hampir tidak ada atlet yang berlari dengan waktu lebih dari 39 menit.
Nah, itu dia jawaban soal histogram Latihan 7.1 halaman 178 buku Matematika kelas X SMA Kurikulum Merdeka.
Baca Juga: Kunci Jawaban Soal Fungsi Kuadrat Latihan 6.1 Halaman 153 Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka
Perempuan Inovasi 2024 Demo Day, Dorong Perempuan Aktif dalam Kegiatan Ekonomi Digital dan Industri Teknologi
Penulis | : | Ratnaningtyas Winahyu |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR