Beda Usia Ayah-Anak Ternyata Bisa Mempengaruhi Gangguan Kesehatan Mental Si Kecil, Simak Faktanya

By Nita Febriani, Sabtu, 22 Oktober 2022 | 18:15 WIB
Jarak usia ayah dan anak dapat mempengaruhi kesehatan mental anak (Nakita.id/Karmita)

Nakita.id - Seberapa jauh usia suami dan anak Moms?

Mungkin hal ini rasanya tidak penting namun penelitian menunjukkan bahwa jarak usia anak dan ayah dapat mempengaruhi mental anak.

Disebutkan jika usia ayah dan anak terlampau jauh maka ada beberapa gangguan mentar yang mungkin diidap oleh anak.

Bagaimana faktanya?

Hal ini terungkap dari penelitian terhadap jutaan anak lahir di Swedia sejak 1970 yang diterbitkan di JAMA Psychiatry.

Analisis terhadap kelahiran anak di Swedia selama puluhan tahun ini menemukan anak yang lahir dengan ayah berusia tua berisiko tinggi melakukan kekerasan, bunuh diri, dan mengalami kegagalan bidang akademik."Secara historis, fokus utama masalah seperti ini selama ini masih kepada usia ibu saat melahirkan. Namun, studi ini menunjukkan usia ayah juga perlu dipertimbangkan," kata peneliti Brian DÓnofrio kepada Reuters Health.Untuk meneliti dampak usia ayah terhadap gangguan mental anak, efek usia orangtua terhadap gangguan pada anak.

DÓnofrio yang juga adalah psikolog di Indiana University, bekerja sama dengan para peneliti dari Karolinska Institute.

Mereka menganalisis catatan medis lebih dari 2,6 juta  anak yang lahir di Swedia antara 1973 dan 2001.Studi terdahulu sebenarnya sudah mengungkapkan bahwa usia ayah, bahkan kakek, bisa berdampak terhadap banyak aspek fisik dan psikis anak sepanjang hidupnya.

Baca Juga: Tidak Didapat dari Seorang Ibu, Ini Segudang Manfaat Jika Ayah Berperan Sama Mendidik Anak

Namun, DÓnofrio dan kolega ingin melihat lebih spesifik dampak usia ayah terhadap kesehatan mental anak.Dónofrio menyebutkan para ayah yang berusia 45 hingga 79 tergolong tua, dengan rata-rata usianya 49. Ayah yang lebih muda berusia antara 20-24 tahun.Dalam analisisnya, para peneliti menyingkirkan faktor sosial dan lingkungan yang bisa memengaruhi kondisi anak.

Karenanya, para peneliti membandingkan kondisi anak dengan saudara mereka yang lebih tua namun lahir dari orangtua, dalam hal ini ayah, yang berusia lebih muda.Hasilnya, anak-anak yang lahir dengan ayah berusia lebih tua, cenderung mengalami gangguan bipolar, dengan risiko 25 kali lebih tinggi.

Mereka juga 13 kali lebih berisiko mengalami gangguan konsentrasi dengan kondisi hiperaktif, serta 3,5 kali lebih berisiko mengidap autisme.