Cara Membuat Daftar Pustaka APA Style di Word Ternyata Mudah Banget, Ikuti Cara-caranya Disini

By Geralda Talitha, Senin, 24 Oktober 2022 | 14:03 WIB
Cara membuat daftar pustaka APA Style di Word (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Masih bingung cara membuat daftar pustaka APA style di Word?

Cara membuat daftar pustaka APA style di word seringkali menjadi kendala tersendiri bila ingin membuat sebuah karya atau tulisan. 

Meski pembuatannya tak mudah, namun daftar pustaka tak boleh dilewatkan sekalipun dalam sebuah karya atau tulisan. 

Sebab daftar pustaka dibuat sebagai bukti jika dalam karya yang kita buat, terdapat tulisan yang dikutip dari salah satu karya atau tulisan orang lain. 

Daftar pustaka sendiri adalah daftar yang berisi tentang buku-buku atau sumber lainnya yang menjadi sumber dalam sebuah karya atau tulisan penelitian ilmiah.  

Umumnya dalam sebuah karya atau tulisan, daftar pustaka berada di halam terakhir. 

Keberadaan daftar pustaka dalam sebuah karya atau tulisan juga memiliki beragam manfaat, diantaranya sebagai berikut:

- Dapat menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan peneliti untuk membuat karya / tulisan

- Bentuk apresiasi terhadap hasil karya orang lain

- Menunjukkan jika peneliti benar-benar menguasai penelitiannya

- Memberikan contoh dari penelitian sebelum untuk menemukan jawaban atau soluti terhadap permasalahan yang diangkat dalam penelitian

 Baca Juga: Tujuan Adanya Daftar Pustaka, Memperkuat Tulisan Ilmiah Hingga Menghindari Tuduhan Plagiat