Moms, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memilih Produk Perawatan Kulit dan Rambut untuk Bayi

By Yussy Maulia, Rabu, 26 Oktober 2022 | 18:48 WIB
Bayi membutuhkan produk perawatan yang lembut dan aman di kulit. (Shutterstock)

Nakita.id – Sama seperti Moms, si kecil yang masih bayi juga membutuhkan produk perawatan tubuh untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Namun, memilih produk perawatan tubuh untuk bayi mungkin tidak semudah membeli produk perawatan untuk orang dewasa.

Sebab, kulit si kecil masih sensitif dan rentan mengalami berbagai permasalahan. Pada kulit tubuh si kecil, misalnya, rentan mengalami kemerahan, ruam, dan biang keringat, terutama saat kondisi cuaca panas.

Sementara, pada kulit kepala, biasanya si kecil mengalami masalah ketombe, kulit bersisik yang akhirnya terkelupas dengan bentuk mirip ketombe, hingga infeksi kulit kepala akibat jamur dan bakteri.

Menurut laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kulit si kecil yang masih bayi, terutama beberapa minggu setelah lahir, masih sensitif karena sistem imunitas tubuhnya belum terbentuk sempurna untuk melindungi kulit dari paparan luar.

Baca Juga: Usia yang Aman Memberikan Skincare pada Bayi, Simak juga Kandungan Skincare Berikut yang Aman untuk Kulit Si Kecil

Oleh sebab itu, Moms sebaiknya memilih produk perawatan tubuh yang aman dan lembut bagi kulit si kecil. Untuk memastikan keamanannya, berikut empat hal yang harus Moms perhatikan.

1. Pilih produk berlabel hypoallergenic

Moms mungkin sering melihat label bertuliskan “hypoallergenic” pada kemasan produk perawatan bayi. Label itu menunjukkan bahwa produk tersebut mengandung lebih sedikit bahan aktif, seperti allergen.

Untuk Moms ketahui, allergen merupakan bahan aktif yang dapat memicu reaksi alergi. Oleh sebab itu, Moms perlu memastikan bahwa produk perawatan bayi memiliki label hypoallergenic untuk meminimalisasi risiko alergi pada kulit si kecil.

2. Kadar pH seimbang

Tidak seperti orang dewasa, kulit si kecil yang masih bayi belum memiliki “mantel” pelindung dari zat asam yang disebut dengan protective acid mantle. Oleh sebab itu, Moms sebaiknya memilih produk perawatan dengan kadar keasaman dan kebasaan (pH) yang seimbang dengan kulit si kecil.

Baca Juga: Kenali 2 Ciri Kulit Bayi Sensitif dan Cara Perawatan yang Tepat