Mengenal Obat Penawar Gagal Ginjal Akut serta Dosis Penggunaannya

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 3 November 2022 | 14:59 WIB
Dosis obat penawar gagal ginjal akut, fomepizole (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Obat penawar gagal ginjal akut lebih dikenal dengan nama Fomepizole.

Obat fomepizole dikenal sebagai obat terapi pasien gagal ginjal akut. Penyakit gagal ginjal akut belakangan ini sedang menjadi perbincangan khalayak ramai.

Hal ini karena gagal ginjal akut tersebut dialami oleh banyak pasien yang didominasi anak-anak akibat keracunan senyawa etilen glikol. Senyawa tersebut merupakan cemaran pelarut tambahan dalam obat-obatan sirop.

Anak-anak yang mengonsumsi obat-obatan tersebut kemudian dilaporkan mengalami gangguan ginjal akut.

Akibatnya, mereka harus mendapatkan perawatan yang intensif untuk mengatasi kondisi ini. Perawatan tersebut termasuk dengan pemberian obat fomepizole.

Obat ini digunakan sebagai obat terapi bagi para pasien gagal ginjal akut. Untuk mengenal fomepizole sebagai obat gagal ginjal akut, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Fomepizole?

Fomepizole dikenal juga dengan nama antizol dengan nama kimia fomepizole adalah 4-methylpyrazole. Fomepizole memiliki rumus molekul C 4 H 6 N 2 dan berat molekul 82,1.

Wujudnya merupakan cairan bening hingga kuning pada suhu kamar. Tiap vial mengandung 1,5 mL (1 g/mL) fomepizole.

Obat ini digunakan untuk mengobati keracunan etilen glikol atau metanol. Dilansir dari Drugs, etilen glikol merupakan komponen yang dapat mengalami oksidasi berurutan untuk menghasilkan glikolat, glioksilat, dan oksalat.

Glikolat dan oksalat adalah produk sampingan metabolik dapat menyebabkan asidosis metabolik dan kerusakan ginjal. Dosis mematikan etilen glikol pada manusia adalah sekitar 1.4mL/kg.

Dosis Obat Penawar Gagal Ginjal Akut Fomepizole

Pemberian obat fomepizole diberikan dengan cara disuntikkan melalui infus yang kemudian dialirkan ke pembuluh darah.

Baca Juga: Mengenal Obat Gagal Ginjal Akut Fomepizole yang Dijadikan Obat Terapi Pasien