BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 15 November 2022, Sejumlah Wilayah di Indonesia Bakal Diguyur Hujan Sedang hingga Lebat sampai Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 14 November 2022 | 19:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 15 November 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Selasa 15 November 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

Menyimak laporan cuaca dari BMKG memang sangat penting, karena saat ini cuaca di Indonesia tidak menentu. Sebagai informasi sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem.

Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya. Seperti baru ini, ada alasan mengapa BMKG umumkan cuaca ekstrem untuk besok.

Dilansir laman resmi BMKG, Sirkulasi Siklonik terpantau di Perairan Barat Aceh, Samudra Hindia Barat Lampung, di Laut Jawa, di Selat Makassar, di Perairan Utara Papua dan di Papua yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut Andaman hingga Pesisir Utara Aceh, di Kalimantan Selatan hingga Pesisir Utara Jawa, di Laut Sulawesi hingga Selat Makassar, di Papua hingga Laut Arafuru bagian Utara, di Perairan Utara Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan barat Aceh-Sumatera Utara, di Samudra Hindia Barat Sumatera.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain itu, Intrusi Udara Kering/Dry Intrusion di Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Samudra Hindia Selatan Jawa yang mampu mengangkat massa udara basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembab yaitu di perairan dan pesisir selatan Jawa.

Lalu, wilayah mana saja yang akan mengalami cuaca ekstrem pada Selasa 15 November 2022?

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 13 November 2022, Jawa Tengah Berpotensi Hujan Lebat, Wilayah Lainnya Bernasib Sama?