Cara Membuat Daftar Isi Skripsi Secara Otomatis, Mudah dan Cepat Jadi

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 19 November 2022 | 19:45 WIB
Cara membuat daftar isi untuk skripsi ada 2 caranya, tinggal pilih salah satu (Nakita.id/Syifa)

Nakita.id - Kenapa harus bingung kalau cara membuat daftar isi skripsi itu sangat mudah.

Kita bisa membuatnya di rumah saja dengan menggunakan MS. Word.

Ada beberapa cara membuat daftar isi skripsi yang bisa dilakukan.

Daftar isi berfungsi sebagai petunjuk halaman dari sebuah karya tulis, salah satunya skripsi

Skripsi yang baik adalah memiliki susunan yang lengkap termasuk menyertakan halaman daftar isi.

Tanpa daftar isi, pembaca atau penguji skripsi kalian tidak akan bisa membaca karya tulis dengan nyaman.

Karena daftar isi mempermudah pembaca dalam mencari halaman.

Di bawah ini merupakan cara membuat daftar isi skripsi.

Cara Membuat Daftar Isi untuk Skripsi

Ada2 cara yang bisa dilakukan dalam membuat daftar isi untuk skripsi.

Tenang, semuanya mudah dilakukan tinggal pilih mau cara yang mana.

Berikut ini cara membuat daftar isi skripsi agar bisa cepat lulus kuliah.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Word 2013, Mudah dan Gampang Dipraktikan

1. Cara Membuat Daftar Isi di Ms. Word Windows

- Buka file tulisan atau dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi.

- Klik menu References di Microsoft Word.

- Pilih opsi Table of Contents dan klik Automatic Table 1.

- Microsoft Word akan otomatis membuat daftar isi dan sub-judul dengan keterangan nomor halaman.

- Peserta didik bisa melakukan edit ulang untuk menyesuaikan urutan daftar isi.

- Untuk memperbarui, klik References, Update Table, pilih antara opsi Update page number only atau Update entire table.

- Opsi Update page number only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.

- Opsi Update entire table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.

- Apabila ada entri yang hilang dari daftar isi, klik Home, Style, Heading 1.

- Kemudian, masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.

2. Cara Membuat Daftar Isi di Ms.Word Web

Microsoft Word web dapat diakses melalui laman Office.com dan login dengan email serta password seperti cara pada umumnya.

Baca Juga: Kata Pengantar atau Daftar Isi Dulu, Mana yang Lebih Awal Dibuat?

- Klik menu References.

- Pilih opsi Table of Contents.

- Klik Insert Table of Contents.

- Tulis keterangan teks judul dan halaman yang diinginkan sesuai urutan.

- Apabila ingin memperbarui, klik Reference, Update Table of Contents, dan daftar isi akan otomatis diperbarui.

Cara Membuat Titik-titik di Daftar Isi

Daftar isi pasti ada titik-titik yang menghubungkan antara bab dan sub bab dan nomor halaman.

Nah membuat titik-titik untuk menghubungkannya juga harus dipelajari.

Berikut caranya menggunakan tabulasi atau tab:

- Setelah teks siap, blok seluruh bab dan sub-bab pada daftar isi tanpa titik-titik yang sudah diketik

- Pada daftar yang sudah diblok, klik kanan > Paragraph

- peserta didik akan diarahkan ke jendela baru yang berisi pengaturan paragraf. Lihat pojok kiri bawah pada kotak, klik opsi Tabs

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis, Simak Tipsnya!

- Pada jendela Tabs, peserta didik perlu melakukan penyesuaian pengaturan lebar yang akan diisi titik-titik pada kolom Tabs Stop Position

- Masih di jendela yang sama, pilih Right pada menu Alignment

- Selanjutnya, pilih bentuk yang ingin peserta didik gunakan. Karena ini merupakan cara membuat titik-titik daftar isi, maka pilih opsi kedua (….)

- Klik 'set' untuk menyimpan pengaturan jendela Tabs

- Klik ‘OK’ untuk menutup jendela Paragraph

Pengaturan Right Tab titik-titik telah dibuat.

Setelahnya bisa mulai melakukan penomoran pada masing-masing bab dan sub-bab daftar isi.

Langkah-langkahnya:

- Letakkan kursor di bagian paling kanan teks daftar isi. Misalnya, A. Pendahuluan(x), letakkan kursor di samping huruf n atau pada tanda x

- Untuk membuat titik-titik, cukup tekan tombol Tab pada keyboard dan otomatis akan menyesuaikan Right Tab yang sudah dibuat sebelumnya.

- Berikan nomor halaman sesuai dengan teks yang ada pada keseluruhan dokumen Microsoft Word.

Baca Juga: Cara Membuat Titik-titik Secara Otomatis Dalam Membuat Daftar Isi