BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 20 November 2022, Bagian Timur Indonesia Berpotensi Hujan Lebat, Wilayah Lainnya Bernasib Sama?

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 20 November 2022 | 10:18 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 20 November 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Minggu 20 November 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

Menyimak laporan cuaca dari BMKG memang sangat penting, karena saat ini cuaca di Indonesia tidak menentu. Sebagai informasi sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem.

Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya. Seperti baru ini, ada alasan mengapa BMKG umumkan cuaca ekstrem untuk besok.

Dilansir laman resmi BMKG, Bibit Siklon Tropis 94S terpantau di Samudera Hindia selatan Banten, memiliki kecepatan angin angin maksimum 25-30 knot dan tekanan minimum 1004.1 mb.

Bibit siklon tropis tersebut bergerak ke arah Selatan Tenggara dan potensi dalam 24 jam kedepan untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam kategori rendah.

Sirkulasi Siklonik terpantau berada di Laut Cina Selatan, Samudra Pasifik utara Halmahera dan di Maluku yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Cina Selatan hingga Laut Natuna, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara, di perairan utara Halmahera dan dari Laut Banda hingga Maluku.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Jawa Timur, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tenggara, di NTB, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 15 November 2022, Sejumlah Wilayah di Indonesia Bakal Diguyur Hujan Sedang hingga Lebat sampai Angin Kencang