Prediksi Cuaca BMKG, Senin 21 November 2022, Hujan Terjadi Hampir Seluruh Indonesia, yang Aman Cuma Sumatera dan Jawa

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 21 November 2022 | 10:40 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Senin 21 November 2022 (Dok. Nakita/David)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Senin 21 November 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pasalnya BMKG beri peringatan cuaca ekstrem untuk hari ini.

Mengutip Instagram @infobmkg, Sumatera secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Namun Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu berpotensi hujan sedang.

Jawa secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan, namun Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur berpotensi hujan sedang.

Bali, NTB, NTT secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan, namun NTB, Bali, NTT berpotensi hujan sedang.

Kalimantan secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan, namun Kalimantan Utara, Kalimantan Timur Kalimantan Barat Kalimantan Tengah berpotensi hujan sedang.

Sulawesi secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan, namun Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, berpotensi hujan sedang.

Maluku dan Papua secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan, namun Maluku Utara, Papua Barat, Maluku, Papua berpotensi hujan sedang.

Bukan tanpa alasan, BMKG mengatakan, bibit siklon tropis 94S terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, yang membentuk daerah konvergensi di Samudra Hindia selatan Jawa, dan pesisir selatan Jawa bagian tengah hingga timur.

Bibit Siklon Tropis 97W juga terpantau di Laut China Selatan sebelah tenggara Vietnam yang membentuk daerah konvergensi di Laut China Selatan dan di Laut Natuna.

Sirkulasi siklonik terpantau berada di Laut Banda yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari perairan Ternate hingga Laut Banda, dan di NTT.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 20 November 2022, Bagian Timur Indonesia Berpotensi Hujan Lebat, Wilayah Lainnya Bernasib Sama?