Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu Soal D Nomor 5 Halaman 220 IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

By Syifa Amalia, Senin, 21 November 2022 | 14:38 WIB
Penjelasan mengenai soal dan pembahasan latihan soal terpadu D nomor 5 halaman 220 IPA SMA. (Freepik/jcomp)

Nakita.id – Ketahui kunci jawaban latihan soal terpadu soal D nomor 5 halaman 220 IPA kelas 10 SMA.

Dengan mengetahui pembahasan latihan soal tersebut, siswa dapat lebih mudah memahami cara pengerjaan soal.

Pada latihan soal terpadu kali ini, soal mengacu pada materi aktivitas manusia yang menyebabkan perubahan lingkungan.

Terutama pada penggunaan freon dalam kehidupan sehari-hari.

Freon adalah nama dagang dari senyawa klorofluorokarbon. Senyawa ini mengandung 3 jenis atom dari unsur klor (Cl), fluor (F), dan karbon (C).

Klorofluorokarbon sering ditulis dan disebut sebagai CFC.

Freon umumnya berupa gas tidak berwarna atau cairan yang tidak berwarna yang mudah menguap pada suhu kamar.

Freon banyak dimanfaatkan sebagai bahan refrigeran atau bahan pendingin ruangan dalam sistem pendingin ruangan atau air conditioning (AC), kulkas, dan bahan aerosol.

Pembuatan freon berkembang sejak tahun 1930 namun karena menimbulkan penipisan ozon, membentuk lubang pada ozon di atas wilayah Antartika, dan meningkatkan efek rumah kaca.

Melalui Perjanjian Montreal yang dibuat oleh PBB pada tahun 1987 penggunaan Freon dibatasi.

Berkenaan dengan hal tersebut sebelum menjawab soal, bacalah artikel berikut ini terlebih dahulu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu Soal C Nomor 4 Halaman 216 IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Soal diadaptasi dari sumber: UNESCO International Science, Technology & Environmental Education Newsletter, Section from an article entitled ‘The Chemistry of Atmospheric policy’, Vol. XXII, No. 2, 1997

Atmosfer adalah samudra udara dan sumberdaya alam yang berharga untuk kehidupan di bumi.

Sayangnya aktivitas manusia baik untuk kepentingan nasional maupun pribadi menyebabkan kerusakan atmosfer yaitu penipisan lapisan ozon sebagai perisai pelindung bagi kehidupan di Bumi.

Molekul ozon terdiri dari tiga atom oksigen sedangkan molekul oksigen yang terdiri dari dua atom oksigen.

Jumlah molekul ozon lebih sedikit dari molekul oksigen. Setiap sejuta molekul udara hanya terdapat sepuluh molekul ozon.

Kendati demikian selama hampir satu miliar tahun, kehadiran molekul ozon di atmosfer telah berperan penting dalam menjaga kehidupan di Bumi.

Bergantung pada lokasinya, ozon dapat melindungi atau bahkan membahayakan kehidupan di Bumi.

Molekul ozon di troposfer (hingga 10 kilometer di atas permukaan bumi) adalah ozon yang “berbahaya”. Ozon “berbahaya” ini dapat merusak jaringan paru-paru dan tumbuhan.

Tapi sekitar 90 persen ozon yang ditemukan di stratosfer (antara 10 dan 40 kilometer di atas permukaan bumi) adalah ozon yang "baik".

Ozon “baik” ini berperan menguntungkan karena menyerap ultraviolet (UV B) yang berbahaya dari radiasi sinar matahari.

Tanpa lapisan ozon yang menguntungkan ini, manusia akan lebih mudah terserang penyakit tertentu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu Soal C Nomor 3 Halaman 216 IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka

Pada dekade terakhir jumlah molekul ozon telah menurun. Pada tahun 1974-1987 para ilmuan menduga bahwa klorofluorokarbon (CFC) adalah penyebabnya.

Pada September 1987 para diplomat dari seluruh dunia bertemu di Montreal (Kanada).

Dan mereka setuju untuk menetapkan batasan tajam penggunaan CFC bagi aktivitas industri, kantor, dan rumah tangga.

Tulislah persamaan reaksi kimia kemungkinan reaksi CFC dengan ozon di stratosfer.

Kalian dapat mengacu pada materi Bab 8 (Penggunaan Freon dalam Kehidupan Sehari-hari) untuk menjawab pertanyaan ini.

Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu Soal D Nomor 5

Berikut ini adalah pembahasan jawaban untuk soal D nomor 5.

Jawaban:

Cl (g) + O3 (g) → ClO (g) + O2 (g) (persamaan 1)

ClO (g) + O (g) → Cl (g) + O2 (g) (persamaan 2)

ClO (g) + ClO (g) → O2 (g) + 2 Cl (g) (persamaan 3)

(dengan bantuan sinar uv)

Baca Juga: Kunci Jawaban Latihan Soal Terpadu Soal B Nomor 3 Halaman 212 IPA Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka