9 Manfaat Makan Jagung Bakar untuk Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 21 November 2022 | 20:00 WIB
Manfaat makan jagung bakar yang jarang diketahui orang banyak (Pixabay.com)

Nakita.id - Ternyata ada manfaat makan jagung bakar yang jarang Moms ketahui.

Jagung bakar merupakan salah satu makanan kegemaran yang kerap dimasak ketika sedang berada di luar ruangan sekadar untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu, jagung juga menjadi salah satu makanan pokok selain beras dan roti. Dikira hanya sebagai pengenyang perut, ternyata manfaat jagung bakar sangat beragam.

Ini semua karena jagung utuh terdapat biji-bijian sereal yang kaya serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Biji-bijian ini biasanya berwarna kuning tetapi tersedia dalam berbagai warna lain, seperti merah, oranye, ungu, biru, putih, dan hitam.

Nutrisi untuk 100 gram jagung manis rebus, yakni kalori 96, air 73 persen, protein 3,4 gram, karbohidrat 21 gram. Selain itu, gula 4,5 gram, serat 2,4 gram, dan lemak 1,5 gram.

Seperti semua biji-bijian, jagung juga mengandung karbohidrat. Pati adalah karbohidrat utamanya terdiri atas 28-80 persen dari berat keringnya.

Jagung juga menyediakan sedikit gula (1-3 persen).

Manfaat Jagung Bakar

Selain menjadi makanan favorit banyak orang, ternyata jagung bakar ada manfaatnya.

Mungkin Moms dan Dads jarang tahu soal manfaat jagung bakar, tapi mengutip dari Food NDTV, jagung bakar ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa. Mau tahu? Simak selengkapnya di sini.

1. Sumber Energi

Kandungan nutrisi utama yang ada pada jagung adalah karbohidrat yang hampir dapat memenuhi sekitar 6-7 persen dari kebutuhan harian manusia.

Baca Juga: Manfaat Makan Jagung untuk Pengidap Penyakit Jantung yang Luar Biasa